Sabtu, 8 Mei 2021
27 Ramadan 1442 H
Home / Ziswaf / Platform yang Dikelola 30 Lembaga Zakat Ini Rilis 3 Fitur Layanan Informasi Baru
Foto dok. Freepik
Platform ekosistem gerakan zakat digital yang dikelola bersama oleh lembaga-lembaga zakat terpercaya sebagai bagian anggota Forum Zakat

Sharianews.com, Jakarta - Platform ekosistem gerakan zakat digital yang dikelola bersama oleh lembaga-lembaga zakat terpercaya sebagai bagian anggota Forum Zakat (FOZ), Digizakat merilis tiga fitur terbaru untuk meningkatkan pelayanan.

Direktur Eksekutif FOZ Agus Budiyanto menyebutkan tiga fitur tersebut, yaitu digital fundraising, profiling Organisasi Pengelola Zakat (OPZ), serta aksi dan program berbagi data OPZ.

Fitur digital fundraising disiapkan untuk memudahkan OPZ anggota FOZ dalam menambah saluran donasi daring. Hal ini tentunya sangat menguntungkan, karena OPZ tidak perlu berinvestasi besar-besaran untuk membangun platform karena terintegrasi dalam satu platform digizakat.

Kemudian fitur berikutnya adalah profiling OPZ anggota FOZ. Dalam platform, tiap OPZ masing-masing memiliki halaman profil yang menjelaskan tentang OPZ tersebut.

“Mulai dari skala, nama, alamat, jumlah cabang, program, jumlah penerima manfaat hingga websitenya. Pokoknya semua informasi tentang OPZ ada dalam halaman profil ini. Masyarakat atau siapapun yang ingin mendapat informasi tentang OPZ anggota FOZ cukup membuka Digizakat.com,” jelas Agus, Minggu (18/04).

Berikutnya adalah fitur aksi dan program berbagi data. Dalam fitur ini, Digizakat menyediakan informasi terkait dengan aksi dan program-program apa yang dilakukan oleh OPZ anggota FOZ di lima sektor, antara lain pendidikan, ekonomi, dakwah, kesehatan dan sosial kemanusiaan. Tentunya, informasi program ini dapat diakses oleh siapa saja termasuk juga kelengkapan informasinya, mulai dari lokasi, penerima manfaat, juga dampak dari program tersebut.

“Disini masyarakat bisa melihat kekayaan program-program yang dilakukan oleh anggota FOZ,” imbuh Agus.

Sejak peluncuran fitur terbaru tersebut, sudah tergabung sebanyak 30 anggota OPZ anggota FOZ dalam platform Digizakat diantaranya Dompet Dhuafa, BAZMA Pertamina, DT Peduli, Mandiri Amal Insani, YBM PLN, YBM BRI, Rumah Yatim, YDSF, LAZNAS BSMU, LMI, Amaliah Astra, Nurul Hayat, Lazis Jateng, Jakarta Amanah, LAZ Harfa, Zakat Sukses, DSM Bali, LAZGIS, Sinergi Foundation, Yakesma, LAZ Nahwa Nur, U Care Indonesia, LAZ Al Hilal, ZIS Indosat, Amal Terbaik Madania, Goedang Zakat Al Khairat, dan LAZ Al Kahfi Peduli.

OPZ yang tergabung tersebut berasal dari berbagai level, baik tingkat nasional maupun tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

“Harapan kedepannya, Digizakat.com mampu memfasilitasi transformasi digital gerakan zakat, tidak hanya di fitur digital fundraising tapi juga berkaitan dengan ekosistem digital yang lebih terintegrasi. Sehingga semua informasi data dan transaksi bisa dilakukan dalam satu platform Digizakat.com,” tandas Agus.

Rep. Aldiansyah Nurrahman