Rabu, 27 Oktober 2021
21 Rabi‘ al-awwal 1443 H
Home / Keuangan / Pertamina Bermitra dengan Bank Syariah BUMN, Ini Kata Pengamat
FOTO I Dok. Pertamina
Ada tiga bank syariah yang digandeng BUMN sebagai mitra: Bank Syariah Mandiri, Bank BNI Syariah, dan Bank BRI Syariah.

Sharianews.com, Jakarta ~ PT Pertamina (Persero) menggandeng bank syariah BUMN sebagai mitra dalam pembayaran gaji dan sejumlah pembayaran personal karyawan lainnya. Pengamat ekonomi syariah Irfan Syauqi Beik menyambut baik hal itu, diharapkan BUMN lain seperti Telkom dan PLN bisa mengikutinya.

Ada tiga bank syariah yang digandeng BUMN sebagai mitra: Bank Syariah Mandiri, Bank BNI Syariah, dan Bank BRI Syariah.

“Ke depan diharapkan,  semakin banyak institusi bisnis, baik perusahaan BUMN, perusahaan swasta, perusahaan swasta nasional, swasta asing yang beroperasi di Indonesia, perusahan BUMD, semuanya itu bisa bertransaksi dengan bank syariah,” jelas Syauqi kepada Sharinews.com, beberapa waktu lalu.

Dengan mengikuti jejak Pertamina, keberpihakan pada bank syariah bisa diikuti oleh perusahaan-perusahaan lain, bahwa bertransaksi melalui bank syariah menguntungkan semua pihak dan  menjamin kehalalan serta keberkahan.

Minimal, menurut Syauqi sebuah perusahaan bisa bermitra dengan bank syariah untuk payroll sistem dan pembayaran tunjangan.

Hal tersebut akan memperluas lagi cakupan bank syariah, serta ikut berperan dalam mendorong pertumbuhan industri perbankan syariah ke depan.

Selain itu, Ketua Program Studi Ilmu Ekonomi Syariah, Departemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor ini memaparkan manfaat terjalinnya kemitraan antara Pertamina dan bank syariah.

Di antaranya akan meningkatkan transaksi melalui bank syariah. Kemudian juga memberikan manfaat ke publik untuk memperkuat literasi keuangan syariah.

Manfaat selanjutnya, bank syariah bisa mendapatkan fee based income dari fasilitas transaksi online, misalnya online banking atau transaksi ATM.  Kemudian juga akan memperkuat Dana Pihak Ketiga (DPK).

Terlebih, bila ditambah dengan fasilitas financing untuk karyawan Pertamina yang ingin memiliki kendaraan, pembiayaan kepemilikan rumah (KPR), pembiayaan multiguna, atau ingin menambah asetnya.

“Mereka bisa memanfaatkan pembiayaan dari bank syariah, yang ini tentu menjadi pasar tersendiri untuk meningkatkan nilai  financing dari bank syariah, Financing To Deposit Ratio akan naik” ungkap Syauqi.

Lebih lanjut, ia menyampaikan pegawai Pertamina tentu gajinya sudah terukur. Dengan begitu, risiko dari sisi pengembalian terhadap pembiayaan bank syariah semakin kecil. Dan ini akan memberikan dampak yang signifikan terhadap profit bank syariah.

“Jadi banyak sebenarnya manfaat dari payroll sitem melalui bank syariah dan tidak sulit. Hanya memindahkan rekening gaji, tansaksinya melalui perbankan syariah,” tutup Syauqi. (*)

 

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo