Selasa, 23 April 2019
18 Sha‘ban 1440 H
FOTO I dok. Medium.com
Bank syariah yang berencana melakukan IPO pada 2019 ini adalah BNI Syariah.

Sharianews.com, Jakarta ~ Strategi untuk mendorong perbankan syariah adalah dengan cara memperkuat struktur permodalan. Hal itu disampaikan Pengamat Ekonomi Syariah, Irfan Syauqi Beik.

Ia mengatakan rumusan ini yang belum ditemukan formulasi strateginya. Permodalan menjadi isu krusial di 2019.

Hal yang berkaitan dengan permodalan adalah adanya rencana Initial Public Offering (IPO) bank syariah, Syauqi menyarankan bagi bank yang ingin IPO sebaiknya sesudah Pemilihan Umum 2019. Diduga resources ini kemungkinan akan banyak dipakai untuk menghadapi pesta politik.

“Sebaiknya untuk menghindari hal-hal isu yang kurang pas, saya menyarankan memang untuk IPO ini ditunda setelah pilpres saja. Bisa di semester kedua di 2019,” jelas lrfan, kepada Sharianews.com, beberapa waktu lalu.

Mengenai aman atau tidaknya pencapaian yang didapatkan bank syariah bila IPO, Syauqi mengungkapkan itu aman. Karena berkaca dari pengalaman BRI Syariah yang IPO, mengalami kelebihan permintaan atau oversubscribed.

“Jadi sebenarnya dari sisi ini insyaallah saya optimis aman. Tetapi sebaiknya memang mempertimbangkan waktu IPO-nya, saya menyarankan lebih baik setelah pemilihan presiden saja,” tutur Ketua Program Studi Ilmu Ekonomi Syariah, Departemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor ini.

Sebagai informasi, ketika IPO, BRI Syariah melepas 2,62 miliar saham atau setara dengan 27 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah penawaran umum perdananya dengan harga sebesar Rp510 per saham.

Dalam gelaran IPO tersebut, perusahaan berhasil meraup dana segar sebesar Rp1,33 triliun. Rencananya, mayoritas atau 80 persen raihan dana akan digunakan untuk meningkatkan penyaluran pembiayaan.

Kemudian, sisanya sebanyak 12,5 persen akan dimanfaatkan untuk pengembangan sistem teknologi informasi dan 7,5 persen untuk pengembangan jaringan kantor cabang dari Sabang sampai Marauke.

Sementara bank yang berencana melakukan IPO pada 2019 ini adalah BNI Syariah, meski mengaku masih mempertimbangkan faktor Pemilihan Umum.

Sebelumnya, Bank Mandiri Syariah juga berencana melakukan IPO 2019, tetapi ditunda menjadi IPO di 2020, karena beberapa faktor, salah satunya Pemilihan Umum.

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo