Kamis, 27 Juni 2019
24 Shawwal 1440 H
Home / Lifestyle / Perawatan Alami untuk Hindari Kulit Kering bagi Hijaber
Foto: Islamituindah.com.my
Banyak cara untuk menghindari kulit kering. Salah satunya dengan perawatan alami agar kulit tetap lembap. Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa dipakai untuk merawat kulit bagi para hijaber dan tips agar kulit tetap lembap.

Sharianews.com. Kulit kering salah satu yang mengganggu kecantikan perempuan. Tak terkecuali dengan Muslimah berhijab. Kulit kering seringkali dapat membuat seseorang kurang percaya diri. 

Di antara faktor yang menjadi penyebab kulit kering adalah kurangnya konsumsi air putih, kurangnya menjaga pola makan sehat, dan penggunaan alat make up yang tidak cocok dengan kulit.

Banyak cara untuk menghindari kulit kering. Salah satunya dengan perawatan alami agar kesehatan kulit terjaga dan kulit kembali bagus. Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa dipakai untuk merawat kulit bagi para hijaber.

  1. Perbanyak minum air putih

Hampir tiap orang tentu tahu kalau air putih itu baik untuk kesehatan. Karena itu kita perlu memperbanyak minum air putih agar berbagai metabolisme atau sistem tubuh kita berjalan dengan baik. Air putih juga bisa melembabkan kulit secara alami. Air putih bisa memberikan nutrisi yang baik bagi sel-sel kulit.

  1. Perbanyak konsumsi buah dan sayur 

Selain mengkonsumsi air putih, sayur-sayuran serta buah buahan juga sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kelembapan kulit. Kandungan nutrisi di dalamnya akan melembapkan dan menyehatkan kulit secara alami. 

  1. Perawatan dengan lulur susu

Lemak dan asam laktat yang terkandung dalam susu berfungsi sebagai pembersih yang mampu memberikan kelembapan ekstra. Pakailah lulur susu secara merata jika kulit terasa kering, dan diamkan selama 15 menit kemudian bilas sampai bersih. Lakukanlah secara rutin. 

  1. Pakai minyak zaitun/kelapa 

Minyak zaitun terkenal banyak manfaatnya. Salah satunya adalah untuk melembapkan kulit. Pakailah minyak tersebut setelah mandi sebagai pengganti sebagai handbody

  1. Gunakan sabun pembersih yang tepat 

Gunakanlah sabun yang tepat untuk jenis kulit Anda. Beberapa sabun ada yang banyak mengandung bahan kimia sehingga menjadikan kulit sensitif. Carilah produk yang tidak mengandung sodim lauryl sulfate, yang banyak menguras kelembapan dari kulit. 

Berikut ini beberapa tips untuk menjaga dan merawat kulit tetap lembab dan untuk mencegah terjadinya kulit kering yang sangat diperlukan. Kondisi kulit kering terjadi saat lapisan kulit luar mengalami kekurangan cairan, Anda dapat menghindarinya dengan melakukan beberapa perawatan, di antaranya:

  1. Mandi dengan air panas

Mandi dengan air panas dalam waktu yang lama dapat menghilangkan minyak alami yang melindungi kulit. Lebih baik pilih air hangat dan keringkan kulit dengan cara menepuk dengan bahan handuk yang lembut secara pelan-pelan. Jangan menggosok berlebihan.

  1. Udara kering 

Udara kering merupakan salah satu penyebab utama yang dapat menghilangkan kelembapan kulit. Pendingin udara atau AC juga dapat memiliki pengaruh yang sama terhadap kulit. Karena itu, jangan lupa untuk menggunakan pelembap kulit.

  1. Paparan matahari

Tidak selamanya terkena paparan matahari itu baik. Ada jam-jam tertentu sinar matahari baik untuk kesehatan kulit. Seperti paparan matahari di siang bolong itu akan merusak sel-sel kulit dan menjadi salah satu penyebab kulit kering. Pakailah tabir surya atau gunakan bahan untuk melindungi Anda dari sengatan matahari. (*)

Reporter : Linda Sarifatun. Editor: A.Rifki.