Sabtu, 8 Agustus 2020
19 Thu al-Hijjah 1441 H
Home / Ekbis / Pengusaha Luar Negeri Mengantre untuk Kawasan Industri Halal Indonesia
Banyak yang sudah hadir, sudah datang ke Indonesia menyampaikan komitmen untuk membuka pabrik di Indonesia

Sharianews.com, Jakarta - Kehadiran kawasan industri halal dapat menarik minat para pengusaha dari luar negeri. Bahkan, saat ini, mereka sedang menunggu kesempatan untuk membuka pabrik di kawasan industri halal Indonesia.

Demikan diungkapkan Direktur Pengembangan Ekonomi Syariah dan Industri Halal Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) Afdhal Aliasar. Ia mengatakan pengusaha itu menantikan kawasan industri halal di Indonesia.

“Ternyata banyak yang sudah hadir, sudah datang ke Indonesia menyampaikan komitmen untuk membuka pabrik di Indonesia. Kemudian membuka pabrik dan usaha mereka di dalam suatu kawasan industri yang integrasi halalnya bisa dikembangkan dengan baik,” tuturnya, dalam webinar belum lama ini.

Hal ini yang kemudian KNEKS coba terus kembangkan bersama Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal, dan Majelis Ulama Indonesia.

Afdal menyampaikan, pengembangan kawasan industri menjadi hal yang sangat menarik. Jika dilihat dari jumlah kawasan industri yang ada di Indonesia, jumlahnya makin lama makin meningkat. Secara potensi, khusus yang diluar pulau Jawa memiliki potensi yang lebih besar lagi.

Saat ini, beberapa kawasan ekonomi khusus sengaja di dorong pemerintah untuk bisa hadir mengembangkan kawasn indsutri halal.

Berdasarkan informasi dari Kemenperin, sudah ada dua kawasan industri yang mengajukan permohoman melalui sistem informasi industri nasional, keduanya hanya tinggal melakukan verifikasi. Dua kawasan itu antara lain, Modern Cikande Industrial Park di Banten dan Safe and Lock di Sidoarjo. 

Rep. Aldiansyah Nurrahman