Selasa, 19 November 2019
22 Rabi‘ al-awwal 1441 H
Home / Ekbis / Pengajuan Sertifikat Halal Sudah Bisa Lewat Online
FOTO I Dok. www.foodnavigator-asia.com
Kepala BPJPH Sukoso menjelaskan, saat ini pihaknya masih mengembangkan aplikasi informasi halal (SIHalal), agar pengajuan sertifikasi halal dari berbagai daerah bisa dilakukan secara online.

Sharianews.com, Jakarta ~ Kewajiban semua produk makanan mempunyai sertifikat halal sudah diberlakukan. Mulai dari usaha kecil, mikro, pedagang asongan, gerobak, tukang bakso, gorengan hingga perusahaan besar dan multi nasional.

Kepala BPJPH Sukoso menjelaskan, saat ini pihaknya masih mengembangkan aplikasi informasi halal (SIHalal), agar pengajuan sertifikasi halal dari berbagai daerah bisa
dilakukan secara online.

"Untuk dapat mengaksesnya, pemohon harus memiliki user name dan password terlebih dahulu dengan mendaftar di portal si.halal.go.id," ujar Sukoso, Kamis (17/10).

Ia juga menambahkan, permohonan sertifikat halal harus dilengkapi dengan beberapa dokumen seperti data pelaku
usaha, nama dan jenis produk, daftar produk dan bahan yang digunakan, proses pengolahan produk. Permohonan sertifikat halal juga disertai dengan dokumen sistem jaminan halal.

“Pemeriksaan kelengkapan dokumen permohonan sertifikat halal paling lama 5 (lima) hari kerja sejak permohonan diterima oleh BPJPH,” tegas Sukoso.

Pendaftaran permohonan sertifikat apabila ingin dilakukan secara manual, lanjut Sukoso juga bisa dilakukan dengan cara mendatangi kantor BPJPH, Kanwil Kemenag Provinsi dan kantor MUI di setiap provinsi.

"Yang terpenting tahapan layanan sertifikasi halal itu mencakup enam hal, pendaftaran, pemeriksaan kelengkapan dokumen, pemeriksaan dan/atau pengujian, penetapan kehalalan produk melalui sidang fatwa halal, dan penerbitan sertifikat halal," ujar Sukoso.

Sukoso mengemukakan alasan kenapa cara manual itu dilakukan. Karena jenis
pelaku usaha itu macam-macam, semua perlu dilayani untuk sertifikasi halal. Kesempatannya sama," ungkapnya. (*)

Reporter: Romy Syawal Editor: Achi Hartoyo