Sabtu, 16 Januari 2021
03 Jumada al-akhirah 1442 H
Home / Haji umrah / Pemerintah Minta Garuda Indonesia Sediakan Eyab untuk Jemaah Haji
FOTO I Pexels.com
Eyab adalah jalur khusus kepulangan jemaah haji di VIP lounge di Bandara Jeddah dan Madinah bagi jemaah haji Indonesia.

Sharianews.com, Jakarta ~ Menteri Agama Fachrul Razi meminta Garuda Indonesia menyediakan layanan Eyab atau jalur khusus kepulangan jemaah haji di VIP lounge di Bandara Jeddah dan Madinah bagi jemaah haji Indonesia.

Pada musim haji tahun 1440/2019, menukil laman Kementerian Agama (Kemenag), jemaah haji Indonesia sudah mendapatkan layanan Eyab yang diberikan Saudi Airlines. Ada sekitar 55 kloter yang mendapatkan layanan setara VIP Lounge saat di bandara Madinah dan Jeddah, jelang pulang ke tanah air. Fasilitas ini diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada Indonesia, karena dinilai sebagai negara yang paling banyak mengirimkan jemaah haji ke Arab Saudi.

Beberapa fasilitas serta kenyamanan yang disuguhkan bisa dinikmati jemaah. Misalnya, saat masuk pendingin udara sudah mulai terasa. Tersedianya gerai foto, pemeriksaan kesehatan, hingga mehendi atau seni henna. Berjalan di lorong, jemaah haji bisa melihat gambaran perkembangan pelaksanaan haji di Arab Saudi. Layanan serupa tidak akan didapatkan bila jemaah haji berada di Terminal Haji.

Jumlah itu terdiri dari 17 kloter yang mendapat layanan di King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah dan 28 kloter di bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah.

“Kemenag tahun ini mengupayakan ke pihak Arab Saudi agar lebih banyak lagi kloter jemaah haji Indonesia yang bisa menikmati layanan ini. Kiranya ini bisa dilakukan oleh PT Garuda Indonesia,” jelas Fachrul, Jakarta, Rabu (19/02).

Sementara itu, Dirut PT Garuda Indonesia Irfan Setiaputra, mengatakan PT Garuda Indonesia akan mengupayakan yang terbaik bagi jemaah haji Indonesia.

Irfan berharap agar Kemenag dapat menginformasikan kepada travel-travel yang memberangkatkan jemaah umrah Indonesia agar menggunakan PT Garuda Indonesia.

“Garuda Indonesia sekarang menerbangkan jemaah umrah menggunakan direct, karena khawatir membingungkan jemaah kalau transit,” tambah Irfan.

 

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo