Minggu, 1 November 2020
16 Rabi‘ al-awwal 1442 H
Home / Ziswaf / Pemberlakukan PSBB, Baznas Dorong Mustahi Jalankan Usaha dengan Protokol Ketat
Foto dok. Pexels
Berbagai cara agar mustahik bisa tetap mendapat modal, produksi, dan memasarkan produknya.

Sharianews.com, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mendorong para mustahik untuk terus bekerja agar mendapat penghasilan saat pandemi Covid-19 dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Direktur Utama Baznas M. Arifin Purwakananta mengatakan Baznas menyikapi persoalan itu dengan berbagai cara agar mustahik bisa tetap mendapat modal, produksi, dan memasarkan produknya. Baznas terjun langsung menemani para mustahik terus bekerja dalam protokol yang ketat, tetapi tetap produktif.

“Diantaranya dengan menyediakan sarana protokol di warungnya, dengan cuci tangan, menggunakan masker. Sehingga publik percaya dan datang ke usaha kecil ini dan mendapatkan pasar yang cukup,” jelasnya menegaskan, dalam webinar talshow, Rabu (23/09).

Harus diakui, saat ini, para usaha yang dijalankan mustahik mengalami penurunan. Pasar mereka tidak sama seperti sebelum Covid-19. Ini menurut Arifin menjadi suatu masalah.

Baznas juga menaruh perhatian kepada masyarakat yang ada di desa. Arifin mengungkapkan kemiskinan 70 persennya berasal dari desa dan 30 persennya berada di kota. Sehingga, Baznas menyasar mereka yang paling membutuhkan, yaitu desa.

Selain itu, hal yang juga menjadi masalah di tengah masyarakat adalah kredit yang macet. Pelaku usaha mikro mengalami kesulitan dalam berbagai kredit yang sempat mereka miliki sebelum adanya pandemi Covid-19.

Rep. Aldiansyah Nurrahman