Sabtu, 20 April 2019
15 Sha‘ban 1440 H
Jama'ah haji Indonesia (Dok/Foto Lintas Terkini)
Nizar menjelaskan berbagai kesiapan yang dilakukan, diantaranya proses pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH), penyiapan petugas haji, bahkan layanan jemaah haji di Arab Saudi.

Sharianews.com, Persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun 1440H/2019M dinyatakan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Nizar telah mencapai 95%.

Nizar menjelaskan berbagai kesiapan yang dilakukan, diantaranya proses pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH), penyiapan petugas haji, bahkan layanan jemaah haji di Arab Saudi.

“Kuota haji kita tahun ini seperti tahun lalu 221.000 orang, yang 204.000 diantaranya haji regular. Proses pelunasan BPIH sampai dengan Jum’at kemarin telah mencapai 89,23%,” terang Nizar seperti dilansir dari laman kemenag, Senin (15/4).

Sebagaimana disebutkan dalam laporan pelunasan BPIH, pada Jum’at lalu jumlah jemaah haji yang melunasi BPIH tercatat 182.039 orang.

Jumlah tersebut termasuk pelunasan Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) sebanyak 13 orang. Sedangkan jemaah yang melunasi menggunakan layanan non teller mencapai 1.811 orang.

Jumlah jemaah yang melunasi sampai menjelang pelunasan tahap kesatu berakhir hari ini lebih banyak dari pada kurun yang sama di tahun lalu. Pada tahun 2018 jemaah yang melunasi di tahap kesatu hanya 85% seperti dijelaskan oleh Dirjen Nizar.

“Target (jemaah yang melunasi tahap kesatu) terpenuhi tahun ini, dibandingkan tahun lalu sudah lebih banyak. Nanti akan dibuka kembali elunasan tahap kedua pada 30 April hingga 10 Mei mendatang,” lanjutnya.

Berikutnya Nizar yang pernah menjabat Direktur Pendidikan Tinggi Islam (Diktis) memastikan bahwa sosialisasi kepada masyarakat tentang pelunasan BPIH terus disampaikan.

Kriteria pelunasan tahap kedua sudah disosialisasikan baik melalui media maupun langsung kepada masyarakat.

Reporter: Romy Syawal Editor: Munir Abdillah