Kamis, 27 Juni 2019
24 Shawwal 1440 H
Home / Haji umrah / Pelunasan BPIH Reguler Sudah Dibuka
FOTO I dok. Herald.ng
"Bagi jemaah di Indonesia bagian tengah dan timur menyesuaikan dengan pelayanan Indonesia Bagian Barat," kata Yanis di Jakarta.

Sharianews.com, Jakarta. Pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) reguler sudah mulai dibuka hari Selasa (19/3).

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri, Muhajirin Yanis menyebutkan, bahwa pelunasan BPIH dilayani pada pukul 08.00-15.00 WIB.

"Bagi jemaah di Indonesia bagian tengah dan timur menyesuaikan dengan pelayanan Indonesia Bagian Barat," kata Yanis di Jakarta.

Sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nomor 117 Tahun 2019, pelunasan BPIH reguler dibagi dalam dua tahap.

Pelunasan tahap pertama mulai 19 Maret sampai dengan 15 April 2019. Sedangkan pelunasan tahap kedua berlangsung antara 30 April hingga 10 Mei 2019.

Dengan regulasi tersebut maka pelayanan pelunasan jemaah haji reguler di Indonesia bagian tengah menjadi pukul 09.00-16.00 WITA, dan Indonesia bagian timur pukul 10.00-17.00 WIT.

Dalam Keputusan Dirjen PHU tersebut dijelaskan bahwa pelunasan BPIH bagi kuota jemaah haji reguler sebanyak 202.487 orang dan Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) 1.513 orang.

Daftar jemaah berhak melunasi telah diumumkan melalui website haji.kemenag.go.id pada bulan Februari lalu, sedangkan TPHD ditetapkan melalui Keputusan Gubernur.

"Pelunasan tahap pertama bagi jemaah haji lunas tunda dan jemaah yang masuk alokasi kuota provinsi atau kabupaten kota tahun ini," ujar Yanis menambahkan

Terdapat ketentuan dalam Keputusan Dirjen tersebut bagi jemaah yang bisa melunasi tahap pertama yakni, belum pernah berhaji dan telah berusia 18 tahun pada 7 Juli 2019 atau sudah menikah.

Pelunasan BPIH reguler tahun ini bisa dilakukan melalui sistem nonteller.

Lima bank yang siap menerima pelunasan nonteller adalah Bank Syariah Mandiri, BRI Syariah, BNI Syariah, Bank Muammalat Indonesia, dan Bank Mega Syariah.

Lima bank di atas merupakan bank penerima pelunasan nonteller yang disebutkan dalam salah satu klausul pada Keputusan Dirjen. (*)

Reporter: Romy Syawal Editor: Achi Hartoyo