Senin, 16 September 2019
17 Muḥarram 1441 H
Home / Haji umrah / Pelunasan BPIH Haji Khusus Dimulai Esok Hari
FOTO/Dok.romy.sharianews.com
Arfi menambahkan apabila masih ada sisa jemaah yang belum selesai, menurutnya akan ada pelaksanaan kembali untuk tahap kedua.

Sharianews.com, Jakarta ~ Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kemenag Arfi Hatim mengatakan bahwa pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) khusus tahun 2019/1440H akan dimulai esok hari.

"Sebagai informasi, besok kita akan memulai pelunasan tahap 1 mulai tanggal 26 Maret sampai dengan tanggal 2 April," ujar Arfi di sela acara sosialisasi petunjuk pelaksanaan pembayaraan BPIH haji khusus, Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (25/3).

Dituturkan Arfi, beberapa persyaratan untuk tahap pertama yang belum pernah berangkat haji termasuk yang cadangan akan dijelaskan secara teknis di petunjuk teknis (juknis) nanti.

Arfi menambahkan apabila masih ada sisa jemaah yang belum selesai, menurutnya akan ada pelaksanaan kembali untuk tahap kedua.

"Untuk pelaksaan pelunasan tahap dua yaitu dimulai dari tanggal 12 April sampai dengan tanggal 16 April," sambungnya menegaskan.

Sementara Kepala Subdirektorat Perizinan, Akreditasi, dan Bina Penyelenggara Ibadah Haji Khusus, Mulyo Widodo mengatakan materi sosialisasi yang diberikan tidak hanya mengenai bagaimana tata cara pembayaran pelunasan haji khusus, tetapi juga ada sosialisasi terkait bimbingan ibadah dan bagaimana melayani ibadah haji khusus sesuai pelayanan standar maksimal (SPM).

"Intinya harus sesuai dengan standar pelayanan minimal," ujar Mulyo.

Mulyo memastikan, sosialisasi itu merupakan bagian dari pembinaan Kemenag terhadap para penyelenggara haji khusus (PIHK). Pembinaan penting dilakukan agar tidak terjadi pelanggaran terhadap para jemaah haji khusus.

"Karena sosialisasi itu kita melihatnya kepentingan jemaahnya," sambung Mulyo. (*)

 

Reporter: Romy Syawal Editor: Achi Hartoyo