Selasa, 22 Oktober 2019
23 Ṣafar 1441 H
Home / Ziswaf / Peletakan Batu Pertama Warung Sehat Bude Maknai HUT Dompet Dhuafa
Foto/dok.dompetdhuafa
Parni Hadi selaku inisiator program Bude DD berharap semoga ke depan Warung Sehat bisa menjadi sentra grosir yang menampung produk petani.

Sharianews.com, Jakarta ~ Dompet Dhuafa melaksanakan kegiatan peletakan batu pertama untuk pembangunan Warung Bude (Badan Usaha Desa) yang diberi nama Warung Sehat, Senin (1/7).

Wartawan senior, Parni Hadi selaku inisiator program Bude DD berharap semoga ke depan Warung Sehat bisa menjadi sentra grosir yang menampung produk petani.

"Sehingga harga pasar bisa terkendali, dan tidak merugikan petani," ujarnya seperti dalam siaran pers yang diterima Sharianews, Kamis (4/7).

Acara yang menandakan dimulainya pembangunan Warung Sehat ini bertempat di Zona Berdaya Bumi Maringi Peni (BMP) Dusun Gerih, Desa Tawangsari, Pujon Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Dihadiri oleh warga setempat dan juga perwakilan dari Dompet Dhuafa Jawa Timur. Pembangunan ini juga untuk memaknai Hari Ulang Tahun Dompet Dhuafa ke 26 di tanggal 2 Juli 2019.

Warung sehat adalah program filantropreneur yang menggabungkan konsep filantropi dan entrepreneurship. Dikelola oleh duafa yang siap untuk berdaya dan berjualan.

Barang yang dijual adalah sembako dan juga hasil-hasil pertanian para petani di sekitar.

Warung Sehat adalah salah satu unit usaha Bude DD, sebuah Badan Usaha Dompet Dhuafa dengan badan hukum koperasi yang berfungsi menampung produk pertanian sebagai buffer stock, penyedia modal pinjaman untuk modal kerja dan penyimpan hasil usaha.

Didirikannya Warung Sehat ini adalah bentuk kepedulian dan pemberdayaan Dompet Dhuafa terhadap para petani, yang sering mengalami masalah pada penjualan hasil tani yang harganya selalu anjlok di masa panen.

Suplai barang dagangan dari petani sekitar, sedangkan pangsa pasarnya adalah wisatawan, pengunjung BMP dan juga warga desa Tawangsari, Pujon, Kabupaten Malang. (*)

 

Reporter: Romy Syawal Editor: Achi Hartoyo