Minggu, 25 Oktober 2020
09 Rabi‘ al-awwal 1442 H
Home / Ziswaf / Peduli Corona, FoSSEI Inisiasi Gerakan Wakaf Alat Kesehatan
Gerakan Wakaf Alat Kesehatan merupakan bentuk kolaborasi FoSSEI bersama Dompet Dhuafa guna melawan penyebaran Corona yang terjadi di Indonesia saat ini.

Jakarta - Forum Silaturrahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) mengajak masyarakat untuk berkontribusi melawan pandemi corona di Indonesia melalui Gerakan Wakaf Alat Kesehatan.

Gerakan Wakaf Alat Kesehatan merupakan bentuk kolaborasi FoSSEI bersama Dompet Dhuafa guna melawan penyebaran Corona, dimana penyaluran bantuan diberikan dalam bentuk alat kesehatan, yaitu ventilator atau alat bantu pernapasan.

Gerakan Wakaf Alat Kesehatan ini diselenggarakan pada hari Jumat, 27 Maret 2020. Dilakukan serentak secara online melalui media sosial Regional, Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) dan kader FoSSEI sendiri.

Presidium Nasional FoSSEI, Boma Bromodipati menyatakan bahwa Gerakan Wakaf ini sebagai pembuka dari rangkaian agenda Kampanye Nasional (Kamnas) FoSSEI Tahun 2020 yang bertemakan "Berdayakan ZISWAF dalam Membangun Ekonomi Umat".

 Program Kampanye Nasional (Kamnas) FoSSEI adalah program kerja tahunan yang diadakan FoSSEI untuk membumikan ekonomi Islam di Indonesia. Hingga saat ini, pelaksanaan Kamnas telah memasuki tahun ke-16 yang mengusung tagar #MillenialMelekZiswaf.

Memasuki tahun ke-20 FoSSEI, milad kali ini dimeriahkan dengan sejumlah rangkaian kegiatan Kamnas FoSSEI tahun 2020 yaitu, dimulai dengan Gerakan Wakaf Alat Kesehatan, FoSSEI Goes to Village (FGTV), Film FoSSEI, Podcast, FoSSEI Goes to School (FGTS), FoSSEI Menulis dan diakhiri dengan ZISWAF Run.

Selaras dengan tema yang diusung, FoSSEI merealisasikan kontribusi yang sarat makna untuk mencegah virus Corona, mengingat kasus pandemi ini kian bertambah hingga  mencapai 893 kasus yang merenggut 78 jiwa di Indonesia per 26 Maret 2020.

Pengadaan alat kesehatan  diperuntukkan bagi Rumah Sakit Container Covid-19 atau Rumah Sakit rujukan pertama kasus virus Corona, yaitu RS RST Dompet Dhuafa yang terletak di Bogor Utara.

"Harapannya, donasi wakaf yang terkumpul dari Gerakan Wakaf Alat Kesehatan ini dapat memberikan support bagi tenaga medis dalam mengatasi Covid-19", pungkas Boma.

Kolaborasi antara FoSSEI dengan Dompet Dhuafa sangat berarti, perihal yang ditegaskan pihak World Health Organization (WHO) untuk melakukan upaya mitigasi kesehatan secara bersama-sama dalam menyelamatkan nyawa manusia sebagai prioritas utama. @ES