Sabtu, 8 Mei 2021
27 Ramadan 1442 H
Home / Ekbis / Partisipasi Angkatan Kerja Perempuan Mencapai 53,13 Persen, Berdampak Positif ke Ekonomi Syariah
Foto dok. BSI
Partisipasi angkatan kerja perempuan mencapai 53,13 persen. Partisipasi angkatan kerja laki-laki sebesar 82,41 persen.

Sharianews.com, Jakarta - Berdasarkan data Riset Danareksa, per Agustus 2020 tingkat partisipasi angkatan kerja perempuan sudah mencapai 53,13 persen. Angka ini mendekati rasio partisipasi angkatan kerja laki-laki sebesar 82,41 persen.

Tingkat partisipasi angkatan kerja perempuan terus meningkat setiap tahunnya. Pada 2018 dan tahun 2019 lalu, angkanya masing-masing baru mencapai 51,89 persen dan 51,88 persen.

Dengan jumlah yang seperti itu, Bendahara Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Hery Gunardi mengatakan, peran perempuan dalam pengembangan sektor ekonomi dan keuangan syariah saat ini sudah sangat signifikan.

“Hal ini membawa banyak dampak positif baik untuk pertumbuhan ekonomi dan industri keuangan syariah, maupun perekonomian Indonesia secara umum ke depannya,” ujarnya, dalam Webinar yang mengambil tema “Perempuan Tangguh Yang Menginspirasi bagi Pembangunan Ekonomi Syariah Indonesia”, di Jakarta, Rabu (21/4),

Hery berharap ke depannya literasi perempuan terhadap produk dan layanan keuangan syariah bisa semakin meningkat.

Selain itu, perempuan-perempuan yang sudah terlibat dalam pengembangan ekonomi syariah diharap bisa menginspirasi wanita lain agar tak lagi sungkan untuk memegang peran penting memajukan bangsa dan perekonomian negara.

Rep. Aldiansyah Nurrahman