Sabtu, 28 Januari 2023
07 Rajab 1444 H
Home / Keuangan / Pandemi Sudah Lebih dari Setahun, Ini yang Terjadi pada BPRS
Pandemi Covid-19 yang sudah berjalan lebih dari setahun memberikan dampak ke BPRS

Sharianews.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 yang sudah berjalan lebih dari setahun memberikan dampak ke Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) dari sisi kualitas dan kuantitas pembiayaan. 

Direktur Operasional BPRS Al Hijrah Amanah (AHA) Arie Wahyuning Tyas mengatakan BPRS harus betul-betul selektif dalam menyalurkan pembiayaan. Termasuk dalam sisi simpanan dana pihak ketiga. 

“Masyarakat lebih banyak melakukan aksi menarik simpanannya dari pada menabung, karena modal mereka tergerus selama masa pandemi ini, sekarang (mereka) berpikir bagaimana untuk tetap bertahan dan eksis,” jelasya, kepada Sharianews.com.

Ditambah lagi, lanjut Tyas, muncul tantangan di beberapa tahun ini dengan kemunculan fintech. Ia berharap ada kolaborasi-kolaborasi antara BPRS dan fintech untuk menyongsong era digital saat ini.  

“Harapannya kolaborasi tersebut menjadi salah satu solusi untuk eksis dan berkembangnya industri BPRS,” ucap Tyas.

Dampak pandemi juga terasa di BPRS yang dipimpinnya. Tyas mengakui pandemi berpengaruh terhadap aktivitas BPRS Al AHA.  

Pada 2020, BPRS AHA sempat melakukan efisiensi terhadap sumber daya manusia (SDM) kontrak dan penghematan dalam berbagai pos biaya. “Alhamdulillah, 2020 dapat kami tutup dengan cukup baik dan membukukan laba,” tandasnya.

Rep. Aldiansyah Nurrahman

Tags: