Minggu, 24 Januari 2021
11 Jumada al-akhirah 1442 H
Home / Ziswaf / Organisasi Pengelola Zakat Lebih Banyak Diarahkan ke Fakir Miskin
Foto dok. Kemenag
Diakuinya situasi pandemi Covid-19 pergerakannya masih labil dan belum diketahui secara pasti kapan berakhirnya. Semua kalangan berupaya untuk bisa tetap bertahan.

Sharianews.com, Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama (Kemenag) M Fuad Nasar mengatakan Kemenag memaklumi situasi yang dihadapi masyarakat dan dunia usaha di tengah pandemi global Covid-19.

Diakuinya situasi pandemi Covid-19 pergerakannya masih labil dan belum diketahui secara pasti kapan berakhirnya. Semua kalangan berupaya untuk bisa tetap bertahan.

“Sejauh yang kami monitor, dampaknya dirasakan pada penghimpunan zakat, infak, sedekah dan donasi kemanusiaan. Begitu pula dampak operasional yang dialami kelembagaan organisasi pengelola zakat, belakangan ini lebih banyak diarahkan untuk membantu fakir miskin yang terdampak Covid-19,” tutur Fuad, kepada Sharianews.com, belum lama ini.

Hal itu sesuai arahan Menteri Agama RI melalui Surat Edaran No 8 Tahun 2020 agar pendistribusian zakat diarahkan sebagai jaring pengaman sosial.

"Surat Edaran tersebut antara lain menghimbau kepada segenap umat Islam khususnya yang telah memenuhi syarat wajib membayar zakat mal (zakat harta) untuk segera menunaikannya sebelum masuknya bulan suci Ramadhan 1441 Hijriyah agar bisa segera terdistribusi kepada mustahik yang membutuhkan lebih cepat," kata Fuad.

Surat Edaran Menteri Agama juga memuat point untuk menggerakkan wakaf uang melalui Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang (LKS-PWU) dan optimalisasi pendayagunaan aset-aset wakaf yang dikelola oleh lembaga nazhir untuk membantu penyediaan sarana, alat dan obat-obatan yang dibutuhkan dalam rangka penanganan wabah Covid-19 serta jaminan perlindungan hidup bagi warga masyarakat ekonomi lemah yang terdampak kondisi darurat.

"Surat Edaran yang ditujukan kepada jajaran Baznas (Badan Amil Zakat Nasional), BWI (Badan Wakaf Indonesia), Forum Zakat, Lembaga Amil Zakat dan LKS PWU di seluruh Indonesia, membawa pesan penting agar potensi dana umat dalam hal ini zakat, infak, sedekah dan dana sosial keagamaan, serta wakaf berperan signifikan untuk membantu warga masyarakat yang sangat membutuhkan," pungkas dia.

Rep. Aldiansyah Nurrahman