Minggu, 28 November 2021
23 Rabi‘ at-akhir 1443 H
Home / Lifestyle / Olivia Zalianty: Zakat Profesi Wajib Ditunaikan
Foto: Instagram Olivia Zalianty.
Ia rutin menunaikan zakat profesi. Dalam mengelola keuangan, ia mendasarkannya pada prinsip syariah. Yaitu, keseimbangan.

Ia rutin menunaikan zakat profesi. Dalam mengelola keuangan, ia mendasarkannya pada prinsip keseimbangan.

Sharianews.com. Jakarta - Sebagai aktris, hidup Olivia Zalianty jauh dari glamor. Selain rajin salat lima waktu, pemeran Carmen dalam serial televisi Ada Apa dengan Cinta ini tak pernah lupa untuk mengeluarkan zakat profesi dari penghasilan yang ia dapat.

“Selain rutin bayar pajak, saya selalu mengeluarkan zakat 2,5 persen dari penghasilan saya. Zakat itu wajib dibayarkan,” urainya kepada Sharianews.com, Selasa (31/07/2018).  

Dalam mengelola keuangan, adik kandung dari aktris Marcella Zalianty ini melandaskannya pada nilai syariah. Khususnya, dengan prinsip dasar keseimbangan.

“Dalam pengelolaan keuangan prinsip dasarnya itu keseimbangan. Setiap pengeluaran harus pada tempatnya dan bisa bermanfaat untuk sesama,” jelas putri kandung dari aktris Tetty Liz Indriati ini.

Ia juga mempercayakan bank syariah dalam mengelola keuangannya. Menurutnya, ada beberapa program dari bank syariah yang cocok untuk investasi.

“Selain di bank konvensional, saya juga menjadi nasabah di bank syariah. Ada beberapa programnya yang cocok untuk saya. Itu diurus bagian keuangan saya,” paparnya.

Ditanya mengenai mana yang lebih baik sistem bunga di bank konvensional dengan mekanisme bagi hasil di bank syariah, pemain film Ma'rifat Cinta (2014) ini mengatakan bahwa keduanya punya kelebihan masing-masing.

“Saya punya keduanya. Semuanya ada kelebihannya masing-masing. Prinsipnya, jangan sampai merugikan kita,” pungkasnya. (*)

 

Achmad Rifki