Selasa, 18 Juni 2019
15 Shawwal 1440 H
Home / Lifestyle / Olimpiade 2020, Jepang Siapkan Makanan dan Minuman Halal
FOTO I Dok. jalan2kejepang.com
Ada lima kategori produk halal khas Indonesia yang akan dipamerkan di Jepang.

Sharianews.com, Jakarta ~ Games of the XXXII Olympiad atau dikenal olimpiade musim panas akan kembali dilaksanakan pada 24 Juli hingga 9 Agustus 2020 mendatang. Ajang olahraga internasional ini direncanakan bertempat di New National Stadium, Tokyo, Jepang. Penetapan Tokyo sebagai tuan rumah, tidak terlepas dari proses panjang yang dimulai dari 2011 dan ditetapkan 7 september 2013  pada sidang IOC ke-125 di Buenos Aires HiltonBuenos AiresArgentina.

Mengingat perhelatan olahraga bergengsi tersebut diperkirakan akan diikuti lebih dari 50 negara muslim atau sedikitnya satu juta atlet dan pengunjung muslim dunia, Jepang akan menyiapkan makanan dan minman berlabel halal. Sebagai upaya persiapan, kini Jepang gencar mengeksplorasi pasar halal, seperti penyelenggaraan Tokyo Halal Festival (Tokyo HalFest) pada 27 hingga 29 November 2018 mendatang di Ryutsu Tokyo Center.

Dalam festival halal tersebut, akan ada sekitar 430 booth yang mengisi dan memamerkan produk-produk halal premium dan berkualitas tinggi yang sedang berkembang pesat di Jepang dan wilayah bagian timur. Salah satu booth tersebut diisi oleh Indonesia dengan mengangkat tema “The Flavor of Indonesia”.

Ada lima kategori produk halal khas Indonesia yang akan dipamerkan di Jepang, antara lain bumbu makanan tradisional Siap Saji Selera Indo, Minyak Goreng Kelapa Murni (HCO) Krambil Idjo Yogya, Sambal Bu Rudi, Minyak Goreng Kelapa Sawit Tropical, aneka produk kopi serta Kecap cap Tukang Sate.

CEO PesanSembako.com, Rofi Zardaida dan Hiroki Misono selaku Advisor Asia Trading & Service Co. Ltd yang akan memamerkan produk Indonesia itu menjelaskan dalam konferensi pers Rabu (21/11/2018) di kawasan Jakarta Barat, bahwa pemilihan produk tersebut selain dari kualitas dan sertifikasi halal juga dari pemakaian kata yang menunjukkan identitas Indonesia dalam branding-nya. seperti sate, sambal, selera dan indo merupakan kata-kata yang lazim dikenal konsumen mancanegara.

“Kami berharap hadirnya masakan Indonesia di gerai-gerai halal Tokyo akan menjadi area “temu kangen” para atlet yang hadir di Olimpiade mendatang” tambah Misono.

Berkenaan dengan hal tersebut, para koki di Jepang juga melakukan persiapan untuk memamerkan kemampuan mereka.

"Para koki Jepang akan memiliki kesempatan untuk memamerkan kemampuan mereka yang sebenarnya, karena mereka memperhatikan detil dan memiliki keterampilan tingkat tinggi,“ papar Tomohiro Sakuma, wakil direktur Asosiasi Bisnis Halal Jepang, sebuah asosiasi yang berbasis di Tokyo yang bertugas membantu perusahaan untuk mengembangkan dan mengekspor produk yang sesuai Muslim, seperti dilansir dari publikasi The Japan News.

Sakuma mengatakan olimpiade ini akan berfungsi sebagai kesempatan untuk memahami tidak hanya masakan Muslim, tetapi juga keragaman masakan yang lebih luas.

Kazuyoshi Aoki, koki senior di fasilitas penginapan di Atami, Prefektur Shizuoka, adalah salah satu dari mereka yang bekerja untuk mengembangkan resep masakan halal.

"Karena hidangan ini memiliki rasa yang kuat, saya berharap bahwa umat Islam juga akan menikmatinya," kata Aoki, mengacu pada hidangan ikan yang dibumbui dengan soy sauce halal.

Upaya Jepang agar dapat menyajikan menu hidangan halal bagi para pengunjung dan para atlet selain mengadakan Halal Fetival Tokyo, juga melakukan lokakarya September lalu yang diselenggarakan oleh federasi koki nasional di Shizuoka tentang bagaimana menyiapkan masakan halal. Kemudian dikombinasikan bersama dengan keahlian dan pengalaman dari masing-masing chef.(*)

Reporter: Fathia Editor: Achi Hartoyo

Tags: