Kamis, 27 Juni 2019
24 Shawwal 1440 H
Home / Keuangan / OJK Resmikan Bank Wakaf Mikro Al-Anshor Maluku
FOTO I Dok. Industry.co.id
Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso meresmikan BWM Al-Anshor Maluku, di Ambon, Kamis (9/5)

Sharianews.com, Jakarta ~ Sebagai upaya membuka akses keuangan bagi seluruh lapisan masyarakat khususnya nasabah mikro, Otoritas Jasa Keuangan secara berkelanjutan mendorong program pendirian Bank Wakaf Mikro di daerah-daerah untuk memudahkan akses pembiayaan bagi usaha mikro, kecil, dan menengah khususnya bagi masyarakat sekitar pondok pesantren.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso meresmikan BWM Al-Anshor Maluku, di Ambon, Kamis (9/5). Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Gubernur Provinsi Maluku Barnabas Orno, Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy, Pimpinan Pondok Pesantren Al-Anshor Maluku Ustaz Abu Imam Abdu Rohim Rumbara, keluarga besar pondok pesantren.

Kemudian juga dihadiri perwakilan donatur BWM Al Anshor Peduli Maluku dari PT Astra International Tbk Pongki Pamungkas dan jajaran pejabat OJK lainnya.

Melansir dari instagram OJK, Wimboh menyampaikan bahwa program BWM merupakan sinergi dan saling melengkapi program-program pembiayaan dari pemerintah, seperti Ultra Mikro (UMi), program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar), Kredit Usaha Rakyat (KUR), dan KUR nelayan.

“Per Mei 2019 sudah ada 53 BWM di mana 46 BWM sudah berdiri dan tujuh BWM sedang dalam proses,” jelasnya menegaskan.

BWM Al-Anshor Peduli Maluku merupakan salah satu hasil dari donasi program corporate social responsibility PT Astra Internasional Tbk. OJK memberikan apresiasi kepada PT Astra International Tbk yang berkomitmen mendukung pendirian 10 BWM yang tersebar di pelosok Indonesia. OJK mengajak para pengusaha dan segenap donatur lainnya untuk berdonasi dalam pendirian BWM.

OJK berharap, dengan diresmikannya Bank Wakaf Mikro Al-Anshor Peduli Maluku mampu berkontribusi dalam memberikan akses keuangan, mengentaskan kemiskinan dan mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas. (*)

 

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo