Jumat, 14 Agustus 2020
25 Thu al-Hijjah 1441 H
Home / Ekbis / OJK Apresiasi Pelopor BWM di Kalangan Pesantren
Dalam sambutannya, Wimboh mengatakan keberadaan BWM telah mendorong usaha ekonomi mikro rakyat yang selama ini kesulitan mendapatkan permodalan yang murah dan mudah guna membiayai usahanya.

Sharianews.com, Jakarta ~ Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pelopor Bank Wakaf Mikro (BWM) di kalangan pesantren yang dengan sabar membina program yang diinisiasi oleh OJK sejak Oktober 2017 lalu.

Dalam sambutannya, Wimboh mengatakan keberadaan BWM telah mendorong usaha ekonomi mikro rakyat yang selama ini kesulitan mendapatkan permodalan yang murah dan mudah guna membiayai usahanya. Hingga saat ini, keberadaan BWM telah dirasakan manfaatnya dalam menggerakkan usaha masyarakat kecil, khususnya di pedesaan.

"Saat ini kami sudah ada 55 BWM di seluruh Indonesia dengan 24.021 nasabah, dan ini agak unik karena kita adakan pembinaan mingguan sekitar 20 orang sehingga kegiatan ini dapat menghubungkan ekonomi mikro terutama proses penjualannya dan juga memperluas dimensinya karena ini membutuhkan pembiayaan yang luar biasa," ucap Wimboh saat memberikan sambutan pada Rakornas TPAKD dan Silaturahmi Nasional (Silatnas) BWM 2019 di Jakarta, Selasa (10/12).

Wimboh menambahkan, program Bank Wakaf Mikro adalah platform pinjaman sangat murah. BWM hanya mengenakan biaya administrasi sebesar 3,5 persen untuk masyarakat yang tidak punya izin di sektor informal.

"Dengan cara demikian, kita harapkan akses untuk percepatan akan membuat dampak positif pada pembangunan," sambung Wimboh.

Selain itu, lanjut Wimboh, OJK berkomitmen terus memperluas dan mempercepat aksesnya dengan teknologi, sehingga digitalisasi BWM menjadi bisa program berikutnya.

"Dapat kami sampaikan BMW ini sudah kami link dengan digital, semua informasi dan data transaksi dapat kami monitor dan ketahui dari Jakarta," ucap Wimboh.

Sebagai informasi, OJK memfasilitasi pembuatan model bisnis Bank Wakaf Mikro dengan platform Lembaga Keuangan Mikro Syariah. BWM pertama diresmikan Presiden RI Joko Widodo di Pondok Pesantren KHAS Kempek di Cirebon. (*)

 

Reporter: Romy Syawal Editor: Achi Hartoyo