Kamis, 17 Oktober 2019
18 Ṣafar 1441 H
Home / Lifestyle / Noore, Hijab Sport ala Elcorps
FOTO I Dok. Popbela.com
Perempuan muslim milenial cenderung mengombinasikan antara nilai islami sebagai kewajibannya, dengan budaya pop yang sedang menjadi tren

Sharianews.com, Jakarta. Baru-baru ini, produsen barang dan gaya hidup halal (halal lifestyle) melalui perusahaan rintisan (start-up) Elcorps menciptakan kreasi hijab terbaru: Noore. Chief Executive Officer Elcorps Elidawati Ali Oemar mengatakan, produk penutup kepala muslimah tersebut dibuat khusus bagi generasi milenial yang saat ini tengah menggandrungi olahraga.

“Budaya pop yang sedang berkembang di Indonesia seperti sekarang, khususnya generasi Y (milenial), ialah hidup sehat melalui olahraga. Nah, kita membuat hijab sport dengan label Noore khusus untuk mereka yang konsisten menjalankan agamanya meski sedang berolahraga,”  tegas Elidawati saat mengisi seminar Halal Lifestyle Conference di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat (3/10/2018).

Lebih lanjut Elidawati menambahkan, mode hijab olahraga kreasinya mulai berani dibuat massal saat dirinya membaca hasil penelitian ahli pemasaran Yuswohadi yang berjudul: Muslim Zaman Now: The 15 Trends for Ramadhan 2018.

Hasil studi tersebut menyebutkan bahwa, perempuan muslim milenial cenderung mengombinasikan antara nilai islami sebagai kewajibannya dengan budaya pop yang sedang menjadi tren, salah satunya yaitu gaya hidup sehat lewat olahraga.

“Tradisi baru ini disebut Yuswohadi dengan istilah ‘be part of pop culture sporty hijab: the new hype’. Elidawati menambahkan bahwa Noore dibuat dengan tujuan menyediakan busana bagi mereka yang rajin berolahraga namun tak ingin menanggalkan hijabnya,”

Buah Tangan Wirausahawan Muda

Elidawati menjelaskan bahwa merek Noore yang diluncurkan saat ini sebetulnya digagas oleh Adidharma Sudrajat Kartanegara yang menjadi mitra usahanya. Tahun 2013 lalu, dia mendapat empat penghargaan di California, Amerika Serikat, sebagai wirausahawan muda kreatif melalui produknya Applecoast.

“Hingga pertengahan tahun 2017 lalu, pengelolaan serta pemasaran Noore masih dilakukan secara daring oleh pembuatnya, Adidharma. Akhirnya Elidawati mulai melihat peluang dalam mengembangkan dan kreasinya serta mulai bergabung dengan Elcorps supaya pemasarannya lebih efektif dan lebih cepat sampai kepada konsumen.

Adidharma juga mengungkapkan hal serupa. Alasan dirinya menjalin mitra bisnis dengan Elcorps, tidak lain agar produk buatannya bisa berekspansi ke pasar yang lebih luas. Selain itu, produk Noore juga ingin berperan aktif dalam meningkatkan dan menciptakan busana yang membantu gaya hidup sehat islami. Desain hijab Noore sendiri terinspirasi dari kebiasaan istrinya yang sering melakukan aktivitas olahraga.

“Noore pertama kali terpikir saat istri saya memutuskan untuk berhijab. Namun, dia tidak ingin aktivitas olahraganya terganggu, kebetulan desain hijab di Indonesia sendiri, belum bisa mengakomodir kebutuhan para perempuan yang aktif berolahraga seperti istri saya.” pria pemilik PT Dharma Adi Mandiri ini menambahkan.

Tanggapan Positif dari Konsumen

Elidawati membenarkan bahwa produk yang diluncurkan Elcorps banyak mendapat tanggapan positif dari masyarakat dan pemerintah. 4 tahun setelah pendiriannya, Elcorps mendapat pengakuan dari dunia internasional dengan meraih penghargaan dari Ernst & Young (EY), sebuah perusahaan firma jasa dan konsultan yang berpusat di London, Inggris.

Pihaknya juga mendapat dukungan bahwa produk olahraga Noore dipercaya sebagai merek pendukung (brand supporting), dari kostum yang dikenakan atlet berhijab Indonesia, pada Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang beberapa waktu lalu.

“Karena kami belum mampu secara finansial menjadi brand ambassador Asian Games 2018, maka upaya untuk mengenalkan produk hijab Noore dengan mempromosikannya ke tempat-tempat yang menjadi pusat olahraga sebelum gelaran pesta olahraga terbesar di Asia tersebut berlangsung.” Ia menambahkan. 

 

Reporter: Emha S Ashor Editor: Achi Hartoyo

Tags: