Rabu, 3 Maret 2021
20 Rajab 1442 H
Home / Ziswaf / MUI Dukung Gerakan Nasional Wakaf Uang
Wakil Ketua Umum MUI Marsyudi Syuhud - Dok. MUI
MUI mendorong dan mendukung sekuat-kuatnya

Sharianews.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan peluncuran Gerakan Nasional Wakaf Uang (GNWU) dan Brand Ekonomi Syariah, di Istana Negara, Jakarta, Senin (25/01).

Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Marsyudi Syuhud mengatakan MUI mendukung GNWU dan Brand Ekonomi Syariah. MUI mengucapkan selamat dan terimakasih kepada seluruh gubernur, menteri dan para penggerak ekonomi syariah, termasuk di dalamnya GNWU dan Brand Ekonomi Syariah.

“MUI mendorong dan mendukung sekuat-kuatnya dari pengurus pusat sampai daerah untuk kiranya wakaf uang ini bisa berjalan dengan baik,” jelasnya, menegaskan, Senin (25/01).

Syuhud menambahkan, para penggerak wakaf uang telah meninggalkan legasi yang akan disaksikan oleh Allah, Rasulnya dan umat Islam sedunia. Sementara para wakif atau orang-orang yang mewakafkan uang akan mendapatkan pahala yang tiada putusnya.

Jokowi menjelaskan, peluncuran GWNU menjadi bagian penting, bukan hanya untuk meningkatkan kepedulian, literasi, serta edukasi masyarakat terhadap ekonomi dan keuangan syariah, tetapi juga sebagai upaya memperkuat rasa kepedulian solidaritas sosial untuk mengatasi kemiskinan dan ketimpangan di Indonesia.

Sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, sudah saatnya Indonesia memberikan contoh praktik pengelolaan wakaf yang transparan, proporsional, kredibel yang bisa dipercaya dan memiliki dampak yang produktif bagi kesejahteraan dan pemberdayaan ekonomi umat.

“Sekaligus akan bisa memberikan pengaruh signifikan pada upaya menggerakkan ekonomi nasional kita, khususnya di sektor usaha mikro, kecil dan menengah,” ujar Jokowi.

Rep. Aldiansyah Nurrahman