Sabtu, 4 Februari 2023
14 Rajab 1444 H
Home / Keuangan / MUI Dorong BPRS Tingkatkan Pangsa Pasar Ekonomi Syariah
Foto dok. Pexels
Ekonomi syariah di Indonesia sudah berusia 30 tahun

Sharianews.com, Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengajak pengurus Bang Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) mampu mengembangkan pangsa pasar ekonomi syariah melebihi angka 5 persen.

Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah Cholil Nafis mengatakan perkembangan ekonomi syariah di Indonesia sudah berusia 30 tahun. Namun dengan usia itu, pertumbuhan pangsa pasarnya tetap tidak melebihi 5 persen. Pertumbuhan ekonomi syariah seolah berhenti di titik itu.

Teori-teori di dalam ekonomi syariah menyebutkan bahwa peluangnya akan sangat baik. Namun, realisasi yang ada, dengan angka perkembangan hanya 5 persen, membuktikan ada jarak antara teori dengan praktek di lapangan.

“Kita perlu membumikan ekonomi syariah. Jangan sampai kita mendistorsi karena kita tidak mampu mengimplementasikan. Kita perlu mencari jalan keluar untuk memaksimalkan sehingga melebihi 5 persen,” ungkapnya, dalam kegiatan Halal bi Halal DSN MUI bersama Direksi BPRS, Jumat (04/06).

Menurut Pengasuh Pesantren Cendekia Amanah ini, BPRS berperan penting karena posisinya yang sangat dekat dengan masyarakat. Akses masyarakat menuju BPRS sangat mudah. Karena itu, dengan potensi seperti ini, sudah selayaknya semua potensi itu dimaksimalkan.

Dia menambahkan, ekosistem ekonomi syariah saat ini sudah sangat baik. Jika dulu ekonomi syariah hanya digerakkan dengan basis kultural, saat ini juga sudah didukung regulasi pemerintah.

Kehadiran DSN MUI di dalam UU Perbankan maupun ssuransi membuktikan itu. Belum lagi dengan beberapa lembaga baru yang dibentuk pemerintah seperti Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) maupun penggabungan Bank BUMN Syariah menjadi PT Bank Syariah Indonesia Tbk.

Semangat seperti ini, lanjutnya, harus juga dirasakan oleh direksi BPRS memajukan ekonomi syariah. Sehingga pertumbuhan dan perkembangan ekonomi syariah akan menyeluruh, menyentuh lapisan terbawa di masyarakat.

“Kita memaksimalkan membuat BPRS di seluruh tempat semakin maju. Kita juga niatkan bagaimana membantu mengurangi rentenir dan mensejahterakan umat,” tutup Cholil.

Rep. Aldiansyah Nurrahman

Tags: