Sabtu, 4 April 2020
11 Sha‘ban 1441 H
Home / Ekbis / Muffest 2020 Resmi Dibuka, Menaker Berharap BLK Tembus Fesyen Dunia
FOTO I Dok. pexels.com
Event tersebut akan berlangsung selama empat hari, yaitu hingga 23 Februari 2020.

Sharianews.com, Jakarta ~ Indonesian Fashion Chamber dan Dyandra Promosindo kembali menggelar ajang tahunan Muslim Fashion Festival (Muffest) Indonesia 2020 di Jakarta Covention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Kamis, (20/2/2020).

Event tersebut akan berlangsung selama empat hari, yaitu hingga 23 Februari 2020. Muffest 2020 akan mengakomodir munculnya tren busana Muslim terbaru. Selain itu, Muffest 2020 juga menghadirkan para pelaku industri busana Muslim tanah air, mulai dari brand-brand ternama hingga pelaku usaha kecil menengah (UKM).

Kementerian Ketenagakerjaan mendukung penuh kegiatan ini. Acara ini dinilai menjadi ajang pameran bagi produk Balai Latihan Kerja (BLK). Selain itu, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menyampaikan, penyelenggaraan Muffest 2020 juga menjadi pintu gerbang alumni BLK untuk menembus pasar fesyen dunia, guna mewujudkan visi Indonesia sebagai kiblat fesyen Muslim dunia.

"Kini, sejumlah BLK telah jadi rujukan pengembangan fashion karena dilengkapi dengan sarana prasarana, fasilitas, mesin-mesin yang cukup modern, dan representative. Alumninya juga sangat kreatif dan berprestasi dalam berkarya," jelasnya, dalam keterangan tertulis (20/2).

Lulusan BLK, menurut Ida, sudah bisa mulai menyejajarkan diri dengan desainer senior, terutama saat menampilkan karyanya di berbagai ajang lokal hingga internasional.

"Para alumnus pelatihan BLK telah mengikuti ajang Asian Skill Competition, Fashion Paradise oleh Kreasi Lintas Cipta, Fashion Showcase La Mode A Paris, dan fashion show-fashion show lainnya," tambahnya.

BLK yang dirintis Kementerian Ketenagakerjaan, tidak hanya melatih para peminat industri fashion, bersama Indonesian Fashion Chamber (IFC) juga meluncurkan program pengembangan usaha rintisan untuk menumbuhkan usaha kecil dan menengah dengan memilih produk yang ramah lingkungan, yaitu batik eco-print dan tas belanja dari kain perca

Berbagai produk tersebut juga tersedia di stan Kementerian Ketenagakerjaan. Selain itu, juga ditampilkan produk-produk fesyen hasil karya para lulusan BBPLK Semarang, BLK Padang, BLK Kendari dan BLK Surakarta.

“Jadi, bagi masyarakat yang menghadiri Muffest, kami ajak berkunjung ke stan kami. Melihat karya anak-anak binaan BLK, juga bisa berdiskusi untuk bersama mengembangkan BLK dan Industri Fashion Indonesia," pungkas Ida.

Sebelumnya, National Chairman Indonesian Fashion Chamber, Ali Charisma mengatakan, tahun ini Muffest akan menggunakan lahan yang lebih besar dan akan dibagi menjadi beberapa zona. Hall yang digunakan yakni Main Lobby, Plenary Hall, dan Cendrawasih Hall.

"Selain menggelar fashion show, gelaran ini juga akan diramaikan dengan kegiatan talkshow, seminar, area untuk exhibition retail (BZC), dan Iain-Iain," jelas Ali (27/01).

Muffest menjadi ajang bertemunya para desainer busana Muslim indonesia, baik yang sudah memiliki nama, maupun desainer muda yang baru merintis jejak mereka di industri fashion Indonesia.

Beberapa desainer yang akan menampilkan karya mereka pada Muffest 2020 antara lain Ria Miranda, Nuniek Mawardi, Monika Jufry, Sofie, Barli Asmara, Ayu Dyah Andari, ETU, KAMI, Deden Siswanto, Ivan Gunawan, Rani Hatta, lrna Mutiara, Wignyo Rahadi, Lisa Fitria, Raegitazoro, Hannie Hananto, ltang Yunasz, dan Iain-Iain. (*)

 

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo