Selasa, 17 September 2019
18 Muḥarram 1441 H
Home / Keuangan / Misi Bank BJB Syariah, Pembiayaan UMKM
FOTO | Dok. The President Post Indonesia
Misi pertama Bank BJB Syariah adalah mendorong pertumbuhan pereknomian daerah melalui peningkatan UMKM.

Sharianews.com, Jakarta. Bank BJB Syariah menempatkan penyaluran pembiayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bukan hanya sekedar program biasa, tetapi sudah menjadi misi tersendiri. Itu mengapa Bank Jateng Syariah berkomitmen penuh terhadap peningkatan UMKM di Indinesia.

Demikian dituturkan oleh Ade Sentosa, Pemimpin Grup Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM) Bank BJB Syariah. Ade mengatakan, misi pertama Bank BJB Syariah adalah mendorong pertumbuhan pereknomian daerah melalui peningkatan UMKM.

“Jadi sejak kami masih berstatus UUS, sebenarnya Bank BJB Syariah ini sudah ditunjuk juga oleh pemerintah provinsi untuk menyalurkan dana-dana program pemerintah yang disalurkan kembali kepada pelaku-pelaku UMKM,”jelas Ade, di Jakarta (28/11/2018).

Salah satu program yang kerjakan oleh BJB Syariah Dakabalarea, program kredit untuk pendidikan dan kesejahteraan masyarakat Jawa Barat, yang merupakan program pemerintah provinsi Jawa Barat pada 2007, dan disalurkan lewat Bank BJB Syariah.

Misi BJB Syariah yang lainnya adalah memberikan layanan perbankan syariah secara amanah dan professional. Selanjutnya memberikan nilai tambah bagi stakeholder.

Nilai tambah yang dimiliki  oleh BJB Syariah pasar potensial, total penduduk muslim Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta yang mencapai 65 juta jiwa. BJB Syariah juga memiliki komitmen untuk membangun dan memajukan perekonomian syaraiah. 

BJB Syariah berdiri sejak tahun 2000, dengan status UUS, dan kemudian 15 Januari 2010 melakukan spin off. Sejak saat itu, masyarakat Jawa Barat semakin sadar akan keberadaan bank daerahnya, sehingga pelayanan BJB Syariah semakin berkembang.

Ade menuturkan, saat ini BJB Syariah terintegrasi dengan ratusan kantor Bank BJB Konvensional yang memliki ratusah kantor berlogo Islamic Banking.

Bagi masyarakat yang wilayahnya jauh dari Kantor BJB Syariah, namun dekat dengan Kantor BJB Konvensional, masih bisa mendapatkan layanan syariah di kantor cabang konvensional dengan logo Islamic Banking. (*)

 

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Ahmad Kholil