Selasa, 19 November 2019
22 Rabi‘ al-awwal 1441 H
Home / Ekbis / MES Gelar Topi Diksi Peran Industri Keuangan Syariah dalam Inovasi Keuangan Haji
Foto/dok.romy
Acara Topi Diksi ini secara rutin diadakan oleh (MES) dengan mengusung tema-tema menarik dan berbeda.

Sharianews.com, Jakarta ~ Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) kembali menggelar acara Tongkrong, Ngopi, Diskusi (Topi Diksi) dengan tema "Peran Industri Keuangan Syariah Dalam Inovasi Keuangan Haji". Kegiatan tersebut diadakan di kantor pusat MES, Jakarta, Rabu (6/11).

Acara Topi Diksi ini secara rutin diadakan oleh (MES) dengan mengusung tema-tema menarik dan berbeda. Acara tersebut juga bebas dihadiri oleh masyarakat umum ataupun pegiat keuangan syariah.

Pemateri pertama, Iman Ni'matullah dari Kepala Divisi Investasi langsung BPKH menjelaskan tentang pengelolaan dana investasi haji yang diproyeksikan mencapai Rp120 triliun.

"Tugas kami ialah bagaimana dana yang besar itu menjadi dana subsidi (indirect cost) kepada jemaah yang berangkat haji," papar Iman.

Menurut Iman, rata-rata ongkos naik haji itu average mencapai Rp72 juta per jemaah, meskipun dilihat juga dari mana keberangkatannya.

"Kalau dari Aceh bisa lebih murah, tapi rata-rata sekitar Rp72 juta per jemaah," sambung Iman.

Pemateri kedua diisi oleh Hendratmo, Senior Manager Unit Usaha Syariah PT Pegadaian (Persero) yang menjelaskan investasi haji zaman now.

"Pegadaian syariah memberikan alternatif untuk berangkat haji dengan cara menitipkan 3,5 gram emas atau senilai Rp2,7 juta melalui program Arrum Haji," ucap Hendratmo.

Acara ini diakhiri dengan sesi tanya jawab, beragam pertanyaan yang disampaikan langsung dijawab oleh pemateri dengan lengkap, interaktif, dan runut

Dengan adanya acara ini diharapkan mampu meningkatkan literasi keuangan syariah dan juga mengetahui bagaimana pemerintah mengelola dana investasi haji. (*)

Reporter: Romy Syawal Editor: Achi Hartoyo