Minggu, 1 November 2020
16 Rabi‘ al-awwal 1442 H
Home / Lifestyle / MES Foundation Dukung Kegiatan Penelitian Mahasiswa S1 Melalui Program Beasiswa
Foto dok Pexels
MES Foundation merupakan program yang didesain oleh MES untuk mencetak kader

Sharianews.com, Jakarta – Selama kurang lebih tujuh bulan, pandemi Covid-19 terbukti cukup menghambat aktivitas Pendidikan salah satunya kegiatan penelitian bagi mahasiswa tingkat akhir.

Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) melalui salah satu badan otonomnya Yayasan Bhakti Masyarakat Ekonomi Syariah (MES Foundation) turut terlibat dan berkontribusi menyukseskan kegiatan pendidikan di tengah pandemi Covid-19 melalui pemberian dana hibah atau beasiswa penelitian ekonomi dan keuangan syariah.

Pelaksana Tugas Ketua Umum MES Foundation Muhammad Syakir menjelaskan Beasiswa MES Foundation merupakan program yang didesain oleh MES untuk mencetak kader muda yang diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan ekonomi syariah

“Diluncurkannya beasiswa ini diharapkan para kader muda dapat menoreh capaian prestasi melalui pendidikan dan penelitian untuk mendorong akselerasi perkembangan ekonomi syariah di Indonesia,” ujar Syakir, kepada Sharianews.com, Senin (12/10).

MES Foundation berkontribusi dalam hal membantu kelancaran penyelesaian tugas akhir mahasiswa dengan kualitas yang baik sekaligus berupaya menciptakan sumber daya manusia (SDM) ekonomi dan keuangan syariah yang unggul dan berdaya saing.

Dengan adanya inisiasi ini, diharapkan pemberian beasiswa penelitian tidak hanya bermanfaat bagi penerima beasiswa saja. Melainkan industri ekonomi dan keuangan syariah baik dari sektor perbankan syariah, sektor non-perbankan syariah, dan pasar modal syariah yang terkena dampak secara langsung maupun tidak langsung dari adanya pandemi Covid-19.

Program beasiswa penelitian ekonomi dan keuangan syariah MES Foundation dibuka sejak pembukaan pendaftaran pada 1 Oktober 2020 hingga 15 Oktober 2020 dengan mengusung tema penelitian “Mewujudkan Ekonomi dan Keuangan Syariah Berkelanjutan Melalui Pengembangan Halal Value Chain, Penguatan SDM, serta Implementasi Teknologi”.

Pendaftaran dilakukan secara online pada website beasiswa.mesfoundation.id dengan melampirkan proposal atau gambaran penelitian yang akan dilakukan dan juga beberapa dokumen administrasi. Sebagai syarat utama, pendaftar dikhususkan bagi mahasiswa/i jurusan ekonomi syariah atau sejenisnya yang sedang menempuh tugas akhir (skripsi) maksimal semester VIII.

Setelah mengunggah proposal penelitian, mahasiswa terpilih akan mengikuti tahapan selanjutnya mulai dari seleksi administrasi, wawancara, hingga pengumuman penerima beasiswa pada 2 November 2020. Para penerima beasiswa kemudian akan diminta untuk menandatangani perjanjian kerja sama dengan maksud untuk mempublikasikan hasil penelitiannya dalam bentuk bunga rampai dan atau jurnal oleh MES Foundation.

Program beasiswa penelitian ekonomi dan keuangan syariah diharapkan menjadi Langkah awal yang strategis dan berkelanjutan sebagai sarana kolaborasi antara sektor pendidikan dan sektro industri. Selain itu, mampu menciptakan insan terbaik bangsa yang mengedepankan intelektual, kepemimpinan, dan iman.

Rep. Aldiansyah Nurrahman

Tags: