Minggu, 1 November 2020
16 Rabi‘ al-awwal 1442 H
Home / Keuangan / Merger Bank Syariah, OJK: Sesuai dengan Tujuan OJK
Foto dok. Pexels
OJK mendukung rencana kementerian bumn untuk melakukan merger atau penggabungan tiga bank BUMN syariah yaitu BRI Syariah, BNI Syariah, dan Mandiri Syariah

Sharianews.com, Jakarta - Tiga bank syariah BUMN, yakni PT Bank BRI Syariah Tbk (BRISyariah), PT Bank BNI Syariah (BNI Syariah), dan PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) bersiap melakukan peleburan atau merger.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso menyampaikan bahwa OJK mendukung rencana tersebut.

“OJK mendukung rencana kementerian bumn untuk melakukan merger atau penggabungan tiga bank BUMN syariah yaitu BRI Syariah, BNI Syariah, dan Mandiri Syariah,” jelasnya dalam Instagram OJK.

Menurutnya, merger dan akuisisi di industri perbankan nasional akan meningkatkan efisiensi dan daya saing sesuai tujuan OJK untuk membangun industri perbankan yang sehat, memiliki daya saing dan bisa memberikan kualitas layanan yang lebih baik, serta untuk memberikan kontribusi terbaik dalam pembangunan ekonomi.

Dikesempataan berbeda, Direktur Utama BNI Syariah Abdullah Firman Wibowo mengatakan BNI Syariah berharap hasil bank merger ini nantinya mampu memperkuat ekonomi syariah dan memberikan kebermanfaatan dan kebaikan dunia maupun akhirat yang lebih luas bagi umat.

Firman mengungkapkan BNI Syariah memberikan dukungan penuh upaya pemerintah melakukan penggabungan bank syariah milik BUMN serta siap bekerja sama dan bersinergi.

“Insyaallah, merger ini akan menghasilkan bank syariah yang lebih kuat, solid, dan terbesar di Indonesia. Sudah saatnya kita sebagai negara berpopulasi muslim terbesar di dunia memiliki bank syariah yang besar,” ujar Firman.

Ketua Tim Project Management Office & Wakil Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Hery Gunardi menjelaskan merger diharapkan terlaksana pada Februari 2021.

“Nantinya diharapkan di Februari 2021 itu terjadi namanya legal merger. Di situ sebenarnya penggabungan itu terjadi,” ujarnya.

Rep. Aldiansyah Nurrahman