Minggu, 1 November 2020
16 Rabi‘ al-awwal 1442 H
Home / Keuangan / Merger 3 Bank Syariah Direncanakan Terlaksana Februari, Begini Prosesnya
Foto dok Pexels
Nantinya diharapkan di Februari 2021 itu terjadi namanya legal merger.

Sharianews.com, Jakarta - Tiga bank syariah BUMN, yakni PT Bank BRI Syariah Tbk (BRISyariah), PT Bank BNI Syariah (BNI Syariah), dan PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) bersiap melakukan peleburan atau merger.

Ketua Tim Project Management Office & Wakil Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Hery Gunardi menjelaskan bulan ini pihaknya akan mengumumkan rencana merger. Merger sendiri diharapkan terlaksana pada Februari 2021.

“Nantinya diharapkan di Februari 2021 itu terjadi namanya legal merger. Di situ sebenarnya penggabungan itu terjadi,” ujarnya menegaskan, Selasa (13/10).

Proses penggabungan ini dimulai dengan penandatanganan conditional merger agreement yang dilakukan hari ini. “Jadi belum merger hari ini, ini baru tahap awal. Proses berikutnya masih panjang,” taerang Hery.

Diperkirakan minggu ketiga Oktober akan ada merger announcement. Kemudian nanti akan mengurus perizinan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan regulator pasar modal.

Penggabungan tiga bank ini akan masuk dalam jajaran 10 bank syariah terbesar di tingkat global berdasarkan market cap. Jika  legal merger selesai di kuartal I-2021 memiliki aset Rp 220 triliun-Rp 225 triliun. dengan begitu akan menempati nomor 7-8 perbankan di jajaran 10 besar bank di Indonesia.

Merger sendiri merupakan arahan Kementerian BUMN untuk meningkatkan kompetensi perusahaan. Terlebih, Indonesia merupakan salah satu negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.

Tujuan merger ini adalah agar Indonesia sebagai negara penduduk muslim terbesar di dunia yakni sekitar 13 persen populasi muslim Indonesia. Jadi di sini harapannya kita memiliki bisa menjadi bank syariah yang besar dan daya saing global," jelas Hery.

Rep. Aldiansyah Nurrahman