Sabtu, 21 September 2019
22 Muḥarram 1441 H
Home / Ekbis / Menteri Keuangan RI Terpilih Menjadi Ketum IAEI
Foto/dok.romy
Secara aklamasi, Menkeu RI Sri Mulyani Indrawati terpilih sebagai Ketum IAEI yang baru.

Sharianews.com, JakartaIkatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) menggelar muktamar ke IV selama tiga hari, mulai dari 23-25 Agustus 2019.

Dalam gelaran acara tersebut, diagendakan sidang pleno untuk pemilihan ketua umum (Ketum) IAEI periode 2019-2023. Dan secara aklamasi, Menkeu RI Sri Mulyani Indrawati terpilih sebagai Ketum IAEI yang baru.

"Saya juga memberikan penghargaan setinggi tingginya kepada anggota dan dewan pusat dan komisariat dari IAEI yang pada hari ini berketetapan dan menetapkan saya sebagai ketua umum, ini adalah suatu kehormatan dan sekaligus juga kepercayaan yang sangat luar biasa dan ujar Sri Mulyani dalam pidatonya, Jakarta, Sabtu (24/8).

Ditambahkan oleh Menkeu, dengan terpilihnya sebagai ketua umum IAEI yang baru, dirinya akan berusaha mengemban jabatannya untuk membangun ekonomi umat lslam.

Di antara ilmu keuangan syariah yang sangat populer di kalangan ulama terutama imam Al-Ghazali, Imam Syathibiy, Imam Al-Juwaini, dalam memformulasikan maqashid syariah, yang intinya menekankan hadirnya islam dalam masyarakat adalah di dalam rangka memelihara agama, jiwa, akal, keturunan dan keluarga dan harta.

Konsep ini, lebih lanjut dikatakan Menkeu Sri, hal ini sangat sejalan dengan program kesejahteraan dan kebijakan ekonomi pembangunan yang dijalankan oleh pemerintah dan butir-butir yang disepakati pemikir dunia.

Menkeu juga menjelaskan bahwa masih banyak pekerjaan rumah yang harus dikerjakan melihat tingkat kemiskinan yang masih besar.

"Kalau kita lihat negara Indonesia mayoritas adalah umat lslam dengan tingkat kemiskinan 9.6 persen, ratio 0.384, artinya kita masih memiliki pekerjaan rumah dan dan bagaimana kita berjuang melepaskan garis kemiskinan dan bagaimana meningkatkan akses pendidikan, kesehatan, fasilitas dasar, termasuk air bersih," sambung Menkeu Sri. (*)

Reporter: Romy Syawal Editor: Achi Hartoyo