Sabtu, 23 Maret 2019
17 Rajab 1440 H
x

Mengenal Ragam Uang Elektronik

Minggu, 23 Desember 2018 01:12
FOTO I Dok. sharianews.com
Dilihat dari ragamnya, uang elektronik dibagi menjadi dua jenis yaitu dompet elektronik (e-wallet) dan kartu prabayar (prepaid card).

Sharianews.com, Penggunaan uang elektronik saat ini semakin meluas. Fungsinya pun makin beragam, tidak hanya untuk belanja tetapi juga untuk pembayaran tiket kereta Commuter Line, bis TransJakarta, dan pembayaran tol (e-toll) dan lain-lain.

Dilihat dari ragamnya, uang elektronik dibagi menjadi dua jenis yaitu dompet elektronik (e-wallet) dan kartu prabayar (prepaid card). Simak dua contoh ragam uang elektronik dari dua penerbit berikut ini:

Kartu Prabayar (prepaid card)

BSM E-Money 

BSM E-Money adalah kartu prabayar berbasis smart card yang diterbitkan oleh BSM bekerjasama dengan Bank Mandiri. Fasilitas yang diberikan BSM tergolong mudah dan praktis dalam melakukan transaksi harian.

BSM E-Money memudahkan nasabah dalam bertransaksi di restoran, pembayaran parkir, pengisian bahan bakar minyak, bus, KRL dan sebagainya. Kini, nasabah tidak perlu lagi membawa uang tunai dan direpotkan oleh uang kembalian.

Dompet Elektronik (e-wallet)

PayTren

PayTren adalah aplikasi transaksi mobile untuk berbagai jenis pembayaran dan pembelian yang memberikan berbagai manfaat dan keuntungan dari setiap bertransaksi. PayTren diterbitkan oleh  PT Veritra Sentosa Internasional.

Sistem PayTren dirancang dengan mengutamakan layanan kemudahan, keamanan dan kenyamanan untuk para penggunanya. Saat ini PayTren dapat digunakan pada semua jenis smartphone yang berbasis Android dan iOS dan akan terus dikembangkan sesuai dengan kemajuan teknologi digital.

Selain dua penerbit di atas ada 33 perusahaan yang telah menerbitkan uang elektronik yang telah terdaftar di Bank Indonesia.