Sabtu, 7 Desember 2019
10 Rabi‘ at-akhir 1441 H
Home / Haji umrah / Menag Pimpin Delegasi Amirul Hajj 2019
Foto/dok.kemenag
Penunjukkan Amirul Hajj sesuai dengan Taklimatul Hajj yang dikeluarkan oleh Pemerintah Arab Saudi.

Sharianews.com, JakartaMenteri Agama Lukman Hakim Saifuddin akan memimpin delegasi Amirul Hajj dalam Penyelenggaraan Ibadah Haji 1440H/2019M.

“Selaku Menag, Bapak Presiden menetapkan saya sebagai Amirul Hajj untuk tahun ini,” ungkap Menag saat memimpin Rapat Delegasi Amirul Hajj dalam Penyelenggaraan Ibadah Haji 1440H/2019M, di Kantor Kementerian Agama Jakarta, Senin (15/7).

Penunjukkan Amirul Hajj sesuai dengan Taklimatul Hajj yang dikeluarkan oleh Pemerintah Arab Saudi. Setiap negara harus menetapkan Ketua Misi Haji yang bertanggung jawab pada setiap negara yang kemudian dikenal dengan Amirul Hajj.

“Sejak beberapa tahun terakhir, memang Bapak Presiden menetapkan Menag sebagai Amirul Hajj,” kata Menag.

Sebagai Amirul Hajj, Menag didampingi anggota delegasi yang berjumlah 13 orang, terdiri dari dua orang naib (wakil), satu sekretaris, delapan anggota, dan dua tim sekretariat. Mereka merupakan perwakilan dari ormas-ormas Islam.

“Saya menyampaikan terima kasih yang tiada terhingga. Apresiasi saya yang setinggi-tingginya kepada bapak-bapak sekalian, yang telah sudi memenuhi harapan kami untuk bergabung dalam delegasi Amirul Hajj tahun ini,” lanjut Menag.

Berikut susunan Delegasi Amirul Hajj Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1440H/2019M.

1. Amirul Hajj: Lukman Hakim Saifuddin (Menteri Agama)
2. Naib Amirul Hajj: A. Bunyamin Ruhiyat (PB NU); dan M. Busyro Muqaddas (Muhammadiyah)
3. Sekretaris: Muchlis M. Hanafi (Kemenag)

4. Anggota: Hamid Balfas (Al Irsyad Al Islamiyah), Yusnar Yusuf Rangkuti (Al Washliyah), Imam Addaruqutni (DMI), Hamzah Harun Al Rasyid (UIN Alauddin Makassar), Rofiqul Umam Noeril Hu0da (MUI), Umar Al Haddad (Rabithah al Alawiyah), Ali Machfudon Abdillah (JATMAN), dan Pattiselano Roberth Johan (Kemenkes)

5. Staf Sekretariat: Ahmad Zayadi (Kemenag), dan Khoirul Huda Basyir (Kemenag)

Rombongan delegasi rencananya akan diberangkatkan ke Arab Saudi pada 30 Juli 2019. Dan akan kembali ke tanah air pada 18 Agustus 2019. (*)

Reporter: Romy Syawal Editor: Achi Hartoyo