Senin, 20 Mei 2019
16 Ramadan 1440 H
Home / Haji umrah / Menag: Pembahasan Penambahan Kuota Haji Akan Segera Dibahas Bersama DPR dan BPKH
Lukman Saefuddin (Dok/Foto Rmol Sumsel)
Lebih lanjut dikatakan Menag, Pemerintah tidak bisa berjalan sendiri, namun juga harus dengan persetujuan DPR komisi VIII.

Sharianews.com, Menteri Agama (Menag) RI Lukmah Hakim Saifuddin, menginginkan rapat pembahasan terkait tambahan kuota haji sebanyak 10 ribu tidak menunggu waktu lagi usai reses dari para anggota DPR.

“Saya harap masa reses ini betul-betul, mudah-mudahan pekan depan bisa dilaksanakan rapat kerja,” ujar Menag saat ditemui wartawan, Selasa (16/4).

Lebih lanjut dikatakan Menag, Pemerintah tidak bisa berjalan sendiri, namun juga harus dengan persetujuan DPR komisi VIII.

"Kemarin saya pribadi sudah komunikasi dengan sejumlah pimpinan komisi VIII karena mereka sedang reses guna secepatnya melaksanakan rapat kerja bersama pemerintah dan juga BPKH untuk bagaimana implikasi atau konsekuensi bagaimana mendapat persetujuan dari email rakyat kita," sambung Menag Lukman.

Hal tersebut dimaksudkan terkait dengan adanya penambahan sejumlah anggaran, dikarenakan ada tambahan kuota Haji setelah Presiden Jokowi bertemu dengan Raja Salman belum lama ini.

"Tentu akan diambilkan dari dana optimasi sebagai akumulasi dari nilai manfaat yang sekarang ini dikelola oleh BPKH. Rapat itu makanya perlu mengundang BPKH," ujar Menag.

Dan pemerintah juga berharap tambahan kuota haji tersebut dapat terealisasi untuk tahun ini.

"Iya, betul-betul bapak presiden ingin ini direalisasikan tahun ini. Bagi kami Kemenag meskipun waktunya ini sudah sanggat sempit namin bagaimana memenuhi aspirasi umat ini harus betul-betul menjadi sesuatu yang diperjuangkan," tutur Lukman.

Reporter: Romy Syawal Editor: Munir Abdillah