Rabu, 27 Oktober 2021
21 Rabi‘ al-awwal 1443 H
Home / Ziswaf / Masih Banyak Lembaga Zakat yang Berpandangan Audit Syariah Bukan Hal Utama
Foto dok. Pexels
Padahal audit syariah merupakan cara untuk menjaga dan memastikan integritas lembaga zakat.

Sharianews.com, Jakarta - Saat ini masih banyak lembaga zakat yang berpandangan audit syariah bukan hal utama. Padahal audit syariah merupakan cara untuk menjaga dan memastikan integritas lembaga zakat.

Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama Tarmizi Tohor mengatakan masih perlu dilakukan edukasi terhadap lembaga zakat tentang pentingnya audit syariah. Ini untuk menjaga dan memastikan integritas lembaga zakat.

Ia menilai, anggapan bahwa lembaga zakat cukup dikelola seadanya saja menimbulkan stigma di masyarakat rendahnya kredibilitas lembaga zakat, lemahnya perencanaan penghimpunan, dan banyak lembaga zakat yang belum dikenal oleh masyarakat.

“Inilah peran audit syariah dan kepatuhan syariah menjadi sangat penting diimplementasikan oleh lembaga pengelola zakat untuk menjadi tolok ukur dalam penilaian Standar Internasional Pengelolaan dan Pengawasan Zakat serta dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat,” ujarnya, Jumat (03/09).

Dalam laman Bimas Islam, disampaikannya, audit syariah bagi lembaga pengelola zakat penting dilakukan untuk meningkatkan akuntabilitas dan kepercayaan masyarakat.

Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama Tarmizi Tohor mengatakan sesuai Undang-undang Zakat No. 23 Tahun 2011 dan Keputusan Menteri Agama (KMA) 606 Tahun 2020, audit syariah bagi lembaga pengelola zakat adalah wajib.

Tarmizi menyatakan, dalam UU Zakat No. 23 Tahun 2011 Pasal 18 dijelaskan, lembaga pengelola zakat bersedia dilakukan audit syariah dan audit keuangan secara berkala, sedangkan dalam KMA 606 Tahun 2020 audit syariah dilakukan untuk memastikan pengelolaan zakat, infak, sedekah, dan dana sosial keagamaan lainnya berjalan sesuai dengan standar kepatuhan syariah.

“Jadi audit syariah bagi lembaga pengelola zakat menjadi sangat penting. Karena bagi muzaki, mereka pasti ingin kepastian apakah zakat yang mereka tunaikan dikelola dengan baik dan sesuai syariah,” pungkasnya.

Rep. Aldiansyah Nurrahman