Minggu, 12 Juli 2020
22 Thu al-Qa‘dah 1441 H
Home / Keuangan / Ma’ruf Amin: Jadikan Ekonomi Syariah Inklusif dan Universal
Foto dok. Setneg
Wakil Presiden Ma’ruf Amin menerangkan visi pengembangan ekonomi syariah sebagai sebuah pilihan rasional bagi masyarakat perlu terus dikembangkan.

Sharianews.com, Jakarta- Wakil Presiden Ma’ruf Amin menerangkan visi pengembangan ekonomi syariah sebagai sebuah pilihan rasional bagi masyarakat perlu terus dikembangkan.

Sebagai sebuah pilihan rasional, ekonomi syariah harus dapat memberikan manfaat dan nilai tambah yang lebih baik bagi masyarakat di dalam menjalankan aktivitas kesehariannya termasuk aktivitas ekonomis.

“Pilihan rasional, berarti aktivitas ekonomi dan keuangan syariah dapat menjadi gaya hidup bagi semua orang. Sehingga ekonomi dan keuangan syariah bukan hal yang eksklusif tapi menjadikannya inklusif dan bersifat universal sebagai prinsip rahmatan lil alamin,” jelas Ma’ruf, dalam acara Talkshow Bersama Rektor, Rabu (13/5).

Sebagai contoh, makanan bersertifikat halal dipilih oleh seluruh masyarakat bukan saja karena kehalalannya tetapi juga karena merupakan makanan yg berkualitas, enak, dan bergizi. Demikian juga dengan barang dan jasa halal, dipilih karena kualitsas dan keunggulannya, bukan hanya label halal yang melekat pada produk tersebut, demikian itu menjadi inklusif bagi masyarakat.

Ia juga menyampaikan gembira dengan banyaknya perguran tinggi yang memiliki Program Studi (Prodi) Ekonomi Syariah. Hal itu dapat menjadi salah satu faktor untuk mengakselerasi perkembangan ekonomi syariah.

Dalam Prodi Ekonomi Syariah, menurutnya, harus dapat menerjemahkan kaidah-kaidah fikih syariah sehingga bisa diimpelmentasikan dalam praktik keuangan syariah sehari-hari. Sebagai contoh penggunakan kaidah pemisahan yang halal dan haram. Selain itu juga harus menjadi solusi terhadap masalah-masalah yang dihadapi masyarakat.

Rep. Aldiansyah Nurrahman