Senin, 20 Mei 2019
16 Ramadan 1440 H
Home / Lifestyle / Maraknya Aksi Geng Motor, Hal Ini Bisa Jadi Solusi
Geng Motor sering membuat resah masyarakat (Dok/Foto Radar Bogor)
Orang tua perlu menerapkan pola komunikasi yang baik dan kualitas hubungan yang positif dengan anak.

Sharianews.com, Tertangkapnya tiga anggota kelompok bermotor Geng 69 di Semarang, membuat media sosial heboh. Saat ini pelaku tengah diperiksa petugas Polsek Banyumanik, Polrestabes Semarang.

Ketiganya diamankan di Taman Tirto Agung Banyumanik, Kota Semarang, oleh polisi, Selasa (5/2/2019) pukul 02.00 WIB.

Mereka dimintai keterangan setelah video aksi Gengs 69 viral di medsos sehingga meresahkan masyarakat.

Menanggapi maraknya genk motor di kalangan remaja, Psikolog, Jane Cindy mengatakan, untuk mencegah remaja agar tidak bergabung ke dalam geng motor adalah orang tua harus bisa menjadi panutan atau "role model" yang baik bagi anak-anaknya.

"Orang tua perlu menerapkan pola komunikasi yang baik dan kualitas hubungan yang positif dengan anak," kata Psikolog dari Rumah Sakit Pondok Indah Bintaro itu kepada Antara.

Lebih lanjut Jane menjelaskan para orang tua juga perlu mengarahkan anaknya yang mengikuti kegiatan positif, seperti kegiatan olahraga, seni atau musik.

Jane juga menyarankan, apabila remaja sudah terlanjur menjadi anggota geng motor, maka orang tua harus membawa anaknya berkonsultasi dengan tenaga profesional seperti psikolog untuk mengetahui kondisi anaknya secara lebih mendalam.

"Penerimaan dari kedua orang tua terhadap kondisi yang dialami anak serta langkah selanjutnya adalah dengan memperbaiki pola komunikasi dan kualitas hubungan antara orang tua dengan anak," tuturnya.

Remaja yang memiliki kualitas hubungan dan komunikasi yang baik dengan orang tua serta lingkungan teman sebaya yang positif juga relatif tidak akan ikut-ikutan bergabung dengan geng motor.

"Remaja juga tidak akan terpengaruh untuk ikut-ikutan menjadi anggota geng motor apabila memiliki konsep diri yang berkembang baik dan perkembangan identitas diri yang positif," pungkasnya.

Munir Abdillah