Kamis, 17 Oktober 2019
18 Ṣafar 1441 H
Home / Ziswaf / Maksimalkan Potensi Wakaf, BWI Libatkan Milenial
FOTO I Dok. blog.act.id
Komisioner Badan Wakaf Indonesia (BWI), Iwan Agustiawan Fuad menjelaskan program-program yang dijalankan BWI haruslah menarik kalangan milenial.

Sharianews.com, JakartaKalangan milenial yang merupakan generasi muda produktif dan dipandang sebagai bonus demografi, memiliki peran penting dalam optimalisasi wakaf.

Komisioner Badan Wakaf Indonesia (BWI), Iwan Agustiawan Fuad menjelaskan program-program yang dijalankan BWI haruslah menarik kalangan milenial.

"Pertama, kita punya program wakaf goes to campus, di mana mengajak mahasiswa untuk wakaf sejak dini bahkan kita juga mendorong dari mulai tingkat taman kanak-kanak dikenalkan tentang wakaf," ucap Iwan, Selasa (18/9).

Selain itu, lebih lanjut dikatakan Iwan, mahasiswa bisa menjadi duta wakaf atau relawan yang ingin menjelaskan wakaf ke masyarakat, dan juga menjadi bagian dari wakaf itu sendiri.

"Misalnya saja kita bisa sisihkan wakaf seribu rupiah, kita kumpulkan, ketika cukup besar lalu uangnya itu diinvestasikan dan digunakan untuk kepentingan sosial, itu jauh lebih bagus dan bisa membantu masyarakat saat ini," imbuhnya..

Kedua, dijelaskan Iwan, bisa juga membentuk bank wakaf mahasiswa sehingga nanti asetnya semakin besar, kemudian diinvestasikan dan hasilnya digunakan untuk kebutuhan mahasiswa. Contohnya beasiswa bagi mahasiswa yang tidak mampu. Selain itu juga bisa digunakan untuk membuat infrastruktur kampus yang tidak bisa dibangun oleh kampus.

"Jadi milenial kita dorong untuk memahami tentang wakaf sehingga munculah teman-teman yang menajdi duta wakaf kemudian di kurikulum juga bisa kita tambahkan atau bisa dibuat program magang di perusahaan yang ada kaitannya dengan wakaf," imbuh Iwan.

Ditambahkan Iwan, hal yang tidak kalah penting adalah sudah adanya digitalisasi wakaf. 

"Kita sudah mendorong platform digital untuk muncul seperti ammanah, kitawakafcom, wakafin yang juga dikembangkan oleh biman, hal itulah yang merupakan upaya BWI untuk mendorong adanya digitalisasi sehingga dekat dengan mahasiswa, masyarakat, pemuda milenial kita," tutup Iwan. (*)

Reporter: Romy Syawal Editor: Achi Hartoyo