Jumat, 22 Januari 2021
09 Jumada al-akhirah 1442 H
Home / Global / London-Turki Jalin Mitra Keuangan Syariah
Halalincorp.com
London merupakan pusat keuangan dunia.Turki berharap Turki bisa mengambil keuntungan dari kerjasama ini, khususnya di sektor keuangan syariah.

Sharianews.com, Jakarta. Dalam kunjungannya ke Turki, Walikota Tertinggi London (Lord Mayor of London), Charles Bowman, mengatakan bahwa Inggris dan Turki akan melakukan berbagai kerjasama ekonomi dalam waktu dekat ini. Antara lain, infrastruktur, finansial teknologi (fintek), manajemen aset, dan khususnya keuangan syariah.

“Yang menarik dalam hubungan bisnis ini adalah bidang infrastruktur, fintek,  manajemen aset, dan juga fokus pada keuangan syariah,”terangnya.

Hubungan bisnis ini, kata Bowman, memiliki lima tujuan. Pertama, termasuk memberikan jaminan untuk meningkatkan dan mengembangkan hubungan politik dan ekonomi lebih jauh lagi di antara kedua negara.

Sasaran lainnya ialah memanfaatkan, memperbesar, dan meningkatkan peluang bilateral dalam perdagangan, investasi dan bisnis, serta bersama-sama menciptakan inovasi dalam layanan keuangan.

“Selanjutnya, meningkatkan kepercayaan profesional dan lembaga bisnis di kedua negara,”sambung Bowman.

Targetkan USD 20 miliar

Dengan memiliki 250 bank, London merupakan pusat keuangan dunia. Oleh karena itu, Bowman berharap Turki bisa mengambil keuntungan dari kerjasama ini, khususnya di sektor keuangan syariah.

“London punya 250 bank, melebihi pusat keuangan internasional lainnya. Ini (London) adalah permata bagi Inggris, Eropa dan dunia,”katanya.

Bowman menambahkan, target perdagangan bilateral antara kedua negara diperkirakan akan mencapai USD 20 miliar.“Saya berharap bahwa itu (target) bisa tercapai, dan bahkan lebih,”ujarnya sebagaimana dikutip dari harian daring (online) Halalincorp.

Dirinya juga meyakini kerjasama dalam berbagai bidang tersebut, terlebih dalam keuangan syariah, dan besaran targetnya akan segera disepakati setidaknya awal tahun mendatang. Sebab, Inggris dan Turki telah menjalin hubungan bisnis cukup lama.

“Kami memiliki hubungan yang kuat dengan Turki yang telah dibangun selama beberapa tahun. Semoga saja jalinan perdagangan kedua negara bisa lebih mempererat hubungan,”ujar Bowman menambahkan.(*)

 

Reporter: Emha S Ashor Editor: Ahmad Kholil