Senin, 16 September 2019
17 Muḥarram 1441 H
Home / Global / Lima Kota Ini Punya Durasi Puasa Terlama di Dunia
FOTO I Dok. alaskamasjid.com
Masjid pertama di Alaska memiliki 3000 jemaah.

Sharianews.com, Jakarta ~ Puasa Ramadan 1440H/2019M sudah memasuki hari ke 16. Namun, tahukah di belahan dunia luar, banyak kota yang memiliki durasi puasa hingga 24 jam lamanya.

Dilansir dari VOA Indonesia, inilah lima kota dengan waktu puasa terlama.

Barrow (Utqiagvik) Alaska, memiliki durasi puasa 21 jam. Populasi Muslim di Alaska hanya satu persen. Masjid pertama di Alaska dibuka tahun 2015 di Anchorage yang memiliki 3000 jemaah.

Longyearbyen, Norwegia, memiliki durasi puasa 24 jam. Ada 166 ribu umat Muslim yang tinggal di Norwegia atau sekitar 3,1 persen dari total populasi. Menurut Islamic Center of Nothern Norway, umat Muslim di belahan bumi utara boleh mengikuti waktu puasa di Mekkah atau negara mayoritas Muslim terdekat

Norlisk, Rusia, memiliki durasi puasa 20 jam, Norilsk rumah bagi Masjid Nurd Kamal yang mencatat rekor Dunia Guiness sebagai masjid paling utara di dunia. Di Rusia, ada lebih dari 20 juta warga Muslim atau 15 persen populasi Muslim dan diperkirakan jumlahnya terus bertambah.

Iqaluit, Nunavut, Kanada memiliki durasi puasa 18 jam. Masjid Iqaluit adl masjid pertama di teritori Nunavut, menjadi tempat ibadah bagi sekitar 100 warga Muslim di Iqaluit dan terbuka untuk warga umum.

Nuuk, Islandia memiliki durasi puasa 17,5 jam. Menurut Karim Askari dari Islamic Foundation of Iceland, umat Muslim lebih mudah menjalankan puasa dalam cuaca dingin, karena cuaca panas bisa membuat orang kesal karena lapar atau haus. (*)

 

Reporter: Romy Syawal Editor: Achi Hartoyo