Sabtu, 20 April 2019
15 Sha‘ban 1440 H
FOTO I Dok. Medibank
Kita bisa mencermati dan meneladani Rasulullah SAW yang memiliki kesehatan prima sepanjang hayatnya.

Sharianews.com, Jakarta - Hidup sehat jiwa raga adalah idaman setiap insan. Badan yang sehat menjadi sarana bagi insan beriman untuk bisa beribadah dengan tenang. Hidup sehat dalam taat menjadi anugerah yang paling nikmat bagi insan bertakwa.

Kita bisa mencermati dan meneladani Rasulullah SAW yang memiliki kesehatan prima sepanjang hayatnya. Berikut ini adalah lima cara hidup sehat menurut Islam yang dicontohkan oleh Rasulullah Saw:

Memakan harta yang halal

Harta adalah sumber nafkah keseharian yang harus dijaga kehalalannya. Ketika harta didapat dengan cara yang tidak halal, hal ini akan berdampak pada seluruh kehidupan kita.

Di dalam Alquran juga sudah diterangkan, “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu.” (QS. 4:29)

Pola makan yang sehat

Seperti yang dituangkan didalam Alquran, “Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.” (QS. 2: 168).

Dan tafsir Ibnu Katsir didalam Juz 1 halaman 478, mengungkap bahwa makanan yang halal dan baik adalah makanan bisa menyebabkan kebaikan bagi jiwa, tidak membahayakan badan dan akal kita. Selain itu, Tafsir Ibnu Katsir ini juga mengungkap hadits Nabi yang menyatakan bahwa memakan makanan yang halal dan baik ini bisa menyebabkan terkabulnya doa.

Olah raga yang teratur

Rasulullah Saw bersabda, “Ajarailah anak-anak kalian berkuda, berenang, dan memanah.” [Musnad Imam Ahmad, Juz 1 halaman 302].

Olah raga berkuda bisa meningkatkan jiwa kepemimpinan, kepercayaan diri, jiwa pemberani, dan menyayangi binatang. Berenang bermanfaat bagi ketahanan fisik, melibatkan seluruh otot, meningkatkan daya tahan tubuh dan stamina, sehingga tidak mudah sakit. Sedangkan memanah bisa melatih kepemimpinan, visioner, fokus pada sasaran dan meningkatkan kesehatan mental.

Tentu saja, masih banyak olah raga lain yang bisa menyehatkan jiwa dan raga. Ketika kita melakukan olah raga teratur diimbangi dengan pola makan sehat dan istirahat teratur, maka jiwa raga akan sehat dan sangat menunjang terlaksananya ibadah dengan tenang.

Pola tidur yang zehat

Pola makan yang sehat dan olah raga teratur, harus diimbangi dengan pola istirahat yang sehat pula. Pola sederhananya adalah sepertiga waktu untuk bekerja, sepertiga waktu untuk beribadah, dan sepertiga waktu untuk istirahat.

Rajin puasa sunah

Di antara puasa sunah yang biasa dilakukan oleh Rasulullah Saw adalah puasa pada hari Senin dan Kamis. Ada juga yang meriwayatkan tentang keutamaan puasa Daud (puasa selang seling, sehari puasa, sehari tidak).

Ditinjau dari sisi kesehatan, puasa sangat banyak manfaatnya. Selain menyehatkan, puasa juga bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti penyait hati, tekanan darah tinggi, diabetes, asma, gangguan saluran pernafasan, serta menjaga keseimbangan anabolisme dan katabolisme. (*)

Reporter: Romy Syawal Editor: Achi Hartoyo
#hidup sehat