Jumat, 23 Agustus 2019
22 Thu al-Hijjah 1440 H
Home / Keuangan / Lewat Endorse, Bank Muamalat Dorong Ekosistem Syariah
FOTO | Ahmad Arif Sharianews.com
Bank Muamalat harus bisa memfasilitasi apapun yang merupakan bagian dari ekosistem syariah, baik itu lembaga keuangan, financial technology syariah, makanan halal, rumah sakit Islam, sekolah Islam, masjid, dan lainnya yang berkaitan.

Sharianews.com, PT Bank Muamalat Indonesia Tbk (Bank Muamalat) mendorong perkembangan ekosistem syariah. Bank Muamalat harus ada pada posisi penyokong banyak bidang yang berkaitan dengan ekosistem syariah

Chief Executive Officer (CEO) Achmad Kusna Permana mengatakan Bank Muamalat harus bisa memfasilitasi apapun yang merupakan bagian dari ekosistem syariah, baik itu lembaga keuangan, financial technology syariah, makanan halal, rumah sakit Islam, sekolah Islam, masjid, dan lainnya yang berkaitan.

“Kita ingin endorse segala sesuatu yang berkaitan dengan Islami segmen, komunitas Islami, bisnis Islamic, maka Bank Muamalat harus hadir di sana,” jelasnya menegaskan, di Muamalat Tower, Jakarta, Senin (15/4).

Belakangan ini, Permana menceritakan ada beberapa pebisnis yang berfokus ke segmen syariah datang ke Bank Muamalat, mereka ingin di-endorse Bank Muamalat, bahwa mereka berbisnis syariah. Pebisnis ini ingin berasosiasi dengan Bank Muamalat.

Lebih lanjut, Permana menambahkan ada suatu kebanggaan tersendiri ketika Bank Muamalat bisa bekerjasama memfasilitasi segala sesuatu yang berkaitan dengan ekosistem syariah. Hal itu karena Bank Muamalat ingin bergerak sesuai dengan khittah Bank Muamalat.

Bank Muamalat harus memilih segmen Islami, diungkapkan Permana ketika mencoba mencoba universal ke semua segmen, terbukti tidak mudah dan akhirnya tidak berkembang.

“Kekuatan kita ada di Islamic segment, kekuatan Bank Muamalat itu ada di Islamic segment, kita harus berhasil membangun yang namanya ekosistem syariah,” ujar Permana.

Dengan aktifnya dalam segmen Islami, Permana percaya Bank Muamalat bisa berkompetisi dengan bank manapun.

Hal itu terbukti ketika berfokus di segmen Islami, misalnya di haji, tahun lalu sebanyak 120 ribu orang daftar lewat haji lewat Bank Muamalat, ada Rp 2,5 triliun uang masuk lewat Bank Muamalat.

Sementara untuk haji khusus, menjadi bank dengan pangsa pasar terbanyak untuk porsi perjalanan haji khusus di 2018. Tercatat Bank Muamalat menguasai 51 persen pangsa pasar. Dengan jumlah tersebut, Bank Muamalat menempati peringkat pertama pangsa pasar haji khusus.

”Memang segmen Bank Muamalat kekuatannya ada disegmen itu. Karena di situlah kita bisa berkompetissi dengan bank manapun,” pungkas Permana.

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Munir Abdillah