Minggu, 7 Juni 2020
16 Shawwal 1441 H
Home / Ziswaf / Laznas BSM Umat Terus Aktif Berikan Bantuan ke Lombok
Laznas BSM Umat terus aktif memberikan bantuan ke Lombok. Mulai dari bantuan makanan, tenda, pakaian hingga donasi untuk perbaikan sarana infrastruktur pendidikan seperti pesantren.

Sharianews.com. Bantuan terhadap korban bencana gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat, terus mengalir. Salah satunya dari Lembaga Amil Zakat Nasional Bangun Sejahtera Mitra Umat (Laznas BSM Umat), salah satu Laznas binaan Bank Syariah Mandiri (BSM).

Area Manager Pondok Kelapa BSM, Habiburrahman mengatakan, Laznas BSM Umat dan Bank Syariah Mandiri terus aktif mengoptimalkan potensi dan menghimpun dana zakat, infak, sadaqah, dan wakaf (Ziswaf) serta dana sosial lainnya dengan sasaran donatur perorangan maupun perusahaan.

Salah satunya melalui penggalangan dana saat kegiatan Bank Syariah Mandiri Silaturahmi dan Berbagi Keceriaan (BSM Siaran), Minggu (16/9/2018). Dana yang terkumpul dari acara itu akan diberikan Laznas BSM Umat kepada korban gempa Lombok.

“Laznas BSM Umat akan datang menyalurkan langsung bantuan ini ke Lombok. Kami akan lebih dulu riset apa yang dibutuhkan para korban di sana. Kalau mereka membutuhkan selimut, nanti kami kirim selimut,” terangnya.

Sebelumnya, sambung Habiburrahman, Laznas BSM Umat juga telah memberikan bantuan ke salah satu pondok pesantren di Lombok yang hancur, Selasa (11/09/2018) lalu. Laznas BSM Umat memberikan donasi untuk perbaikan sarana infrastruktur pendidikan di kota seribu masjid itu sebesar Rp 350 juta.

“Saat masa awal-awal pemulihan kami juga memberikan bantuan makanan, tenda, juga pakaian. Sekarang sudah mulai ke arah yang lainnya, pasca pemulihan (recovery),” ujarnya.

Tiga Program Utama

Habiburrahman memaparkan, Laznas BSM Umat memiliki tiga program utama dalam menghimpun dan menyalurkan dana Ziswaf atau dana sosial lainnya. Yaitu, Didik Umat, Mitra Umat, dan Simpati Umat.

“Ketiga program unggulan itu memiliki fokus dan manfaat yang berbeda-beda untuk masyarakat atau mustahik,” imbuhnya.

Didik Umat berperan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan masyarakat. Salah satu kegiatannya adalah beasiswa kepada siswa berprestasi, juga yang tidak mampu, dan bantuan ke sekolah-sekolah. Termasuk sekarang ini mulai merambah ke beasiswa untuk mencetak pengusaha dari santriwan dan santriwati.

Mitra Umat bertujuan untuk mewujudkan kemandirian masyarakat dengan menciptakan unit-unit usaha yang potensial. Yaitu, dengan mengembangan ekonomi dari kearifan lokal Indonesia. Salah satunya budidaya jamur di Bogor.

“Di Puncak, Bogor, ada budidaya jamur. Di daerah Cirebon ada juga. Masing-masing kota punya sektor unggulannya sendiri yang dikembangkan oleh Laznas BSM Umat,” terang Habiburrahman.

Sementara Simpati Umat bertujuan untuk menyokong dan memperkuat kesejahteraan sosial serta kesehatan masyarakat dengan dukungan pada aspek fisik mental, sosial, dan spiritual untuk membangun masyarakat madani dengan pendayagunaan Ziswaf. (*) 

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achmad Rifki