Minggu, 1 November 2020
16 Rabi‘ al-awwal 1442 H
Home / Ekbis / Layanan Syariah LinkAja Membuat Masyarakat Terhindar dari Covid-19
Harus diliterasi ke dalam gaya hidup masyarakat

Sharianews.com, Jakarta - Digitalisasi membuat masyarakat terhindar dari virus Covid-19. Dengan digital aktivitas yang biasanya dilakukan tatap muka, kini tidak perlu dilakukan. Termasuk aktivitas transaksi keuangan.

Direktur Industri Produk Halal Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) Afdhal Aliassar mengatakan hadirnya layanan digital Layanan Syariah LinkAja yang sifatnya transaksi non tunai, disebut Afdhal, bisa membatasi peredaran uang fisik yang berpotensi menularkan virus.

Kebiasaan ini, menurutnya, harus diliterasi ke dalam gaya hidup masyarakat, bahwa transaksi non tunai itu aman, mudah, dan cepat. Terlebih bisa membuat masyarakat terhindar dari kontaminasi Covid-19.

KNEKS menyadari pentingnya digitalisasi ini. Untuk itu, KNEKS telah mendorong sekuat mungkin digitalisasi lewat digital payment yang sesuai syariah, yakni Layanan Syariah LinkAja.

“Layanan Syariah LinkAja bisa digunakan masyarakat Indonesia untuk melayani kebutuhan sehari-hari, ingin bertransaksi di marketplace bisa, ingin dipakai untuk transportasi KRL, Trans Jakarta, termasuk juga mungkin kereta api, atau transportasi lainnya bisa. Begitu juga untuk bayar zakat dan donasi di masjid,” ujar Afdhal, kepada Sharianews.com.

Lebih lanjut, Afdhal melihat dikalangan masyarakat menengah dan atas, literasi ini sudah ditangkap dan mulai dijalankan. Tetapi di lapisan masyarakat bawah masih belum. Selain itu, jika dilihat dikalangan masyarakat perkotaan memanfaatkan digitalisasi sudah menjadi hal biasa, namun di pedesaan masih menjadi tantangan.

Rep. Aldiansyah Nurrahman