Minggu, 26 Mei 2019
22 Ramadan 1440 H
Home / Lifestyle / Lagi Traveling Ke India? Ini Tempat Makanan Halal Yang Perlu Dicoba
Makanan halal bisa ditemukan di banyak tempat di India (Dok/Foto Youtube)
Meski mayoritas masyarakat menyediakan sayur-sayuran, tetapi banyak juga restoran fast food brand international dan warung menjual makanan dengan menu daging ayam.

Sharianews.com, Jika kita berlibur India tentu ada kekhawatiran sebagai muslim untuk menikmati kuliner lokal. Mengingat makanan halal di India keberadaannya tidak sebanyak Indonesia. Terlebih ketika berencana untuk tinggal cukup lama. Sehingga memerlukan penyesuaian untuk mencari tempat atau kios halal di seputar tempat tinggal kita.

Jika dibandingkan antara India dan Pulau Bali (Indonesia) memiliki banyak perbedaan. Meskipun secara pemeluk agama mayoritas adalah Hindu. Masyarakat Hindu di Bali mengkonsumsi sayur dan daging. Sedangkan di India menganut vegetarian. Dalam artian tidak memakan produk hewani kecuali susu. Tapi ada juga masyarakat Hindu di bagian Selatan India mengkonsumsi Ikan sebagai makanan sehari-hari.

Meski mayoritas masyarakat menyediakan sayur-sayuran, tetapi banyak juga restoran fast food brand international dan warung menjual makanan dengan menu daging ayam. Seperti KFC, Burker king, Subway, Mcdonals, Pizza Hut dan sebagainya. 

Sayangnya, diantara semua restoran cepat saji internasional tersebut, sebagian besar belum halal. Karena syarat pemotongan hewan yang belum terpenuhi, seperti pemotong yang beragama islam dan harus menyebut nama Allah ketika memotongnya.

Untuk tahu lebih lanjut makanan halal di India, Sharianews memberikan rekomendasi untuk kalian. Di mana saja dapat menikmati makanan halal di India.

Agra

Di Kota Agra, sekitaran Taj Mahal dapat ditemukan beberapa restoran halal. Salah satunya adalah Akbar restoran, dekat dengan Agra Fort. Biasanya salah satu ciri restoran yang menyajikan menu non vegetarian dan halal, terdapat tulisan Urdu di restoran tersebut.

Delhi

Makanan Halal dapat dengan mudah ditemukan dikawasan kota Tua Delhi. Mulai menu ayam goreng, ayam bakar hingga menu masakan Mughlai. Berada tepat disekitar Jama’ Masjid. Restoran yang sudah diakui kelezatannya yakni Karim Restoran.

Jaipur

Terletak di M.M Khan Hotel, shop No.115, Ramganj Bazar. Meskipun bernama hotel, tetapi di India, hotel tak hanya berarti tempat penginap. Hotel dalam hal ini berarti restoran. M.M Khan Hotel menyajikan menu masakan Mughlai. Letaknya dekat dengan Hawa mahal. Menu mughlai yang porsi quarter seharga 140 Rupees atau sekitar Rp. 28.000 dan cukup untuk dua orang.

Srinagar & Hyderabad

Srinagar merupakan ibukota Jammu dan Kashmir, sedangkan Hyderabad adalah ibu kota Telangana. Seperti halnya di Indonesia, dikedua kota tersebut sangat mudah ditemukan rumah makan non vegetarian Halal.

Mumbai

Kawasan Mohammad Ali Road ini terkenal sebagai surga kuliner bagi masyarakat India. Bhindi Bazaar juga pusat makanan lezat dan Halal. Kedua kawasan tersebut tak jauh dari gateway of India.

Reporter: Fathia Editor: Munir

Tags: