Selasa, 22 Oktober 2019
23 Ṣafar 1441 H
Home / Lifestyle / Kulkas Bersertifikasi Halal, Ini Tanggapan Warganet
FOTO I Dok. Sharp Indonesia
“Kulkas adalah wadah makanan atau minuman. Bagaimana kalau medianya tidak halal?” Tanya Tulus.

Sharianews.com, Jakarta ~ PT Sharp Electronics Indonesia melalui siaran persnya menginformasikan, bahwa produknya berupa kulkas Sharp telah mendapatkan sertifikasi halal.

Ini merupakan kulkas pertama yang mendapat sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Pernyataan tersebut bisa dikonfirmasi melalui laman MUI yang memperlihatkan bahwa belum ada produk serupa terdaftar sebelumnya.

Melihat hal tersebut, banyak warganet yang berkomentar melalui media sosialnya.

Sebagai contoh adalah pemilik akun twitter dengan nama @Stakof ia menuliskan:  “Orang kalau sudah kebangetan, munculnya adalah religiusitas urban. Salah satunya adalah ini: kulkas halal. Tertawa sekali saya… “.

Komentar lain datang dari pemilik akun @mardiasih, yang menuliskan: “Daritadi siang berpikir betapa berat menjadi Muslim kaffah jika kulkas, kipas angin sampe wajan kelak harus berlabel halal, ya Rabb kenapa bid’ah masa kini ada yang dianggap kafir dan ada yang dianggap makin islami, tergantung siapa yang endorse?”

Ketua Komisi Fatwa MUI, Hasanuddin AF melalui websitenya juga menuliskan bahwa semua produk yang digunakan memang harus dipastikan kehalalannya, tidak terkecuali pada produk peralatan.

“Ketentuan halal dalam kaidah syariah tidak terbatas pada aspek konsumsi, tetapi mencakup aspek yang sangat luas yaitu menggunakan ataupun memakai,” tulis dia.

Hal ini disepakati oleh Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia Tulus Abadi, seperti yang dilansir dari BBC Indonesia.

“Kulkas adalah wadah makanan atau minuman. Bagaimana kalau medianya tidak halal?” Tanya Tulus.

Lebih lanjut ia menuturkan, semua wadah makanan perlu sertifikasi halal karena hal itu sudah diatur juga dalam Undang-undang mengenai Jaminan Produk Halal.

Sementara itu, National Sales Senior General Manager PT. Sharp Electronics Indonesia, Andri Adi Utomo mengatakan, kulkas bersertifikasi halal tersebut memang dirancang untuk memberi rasa aman dan nyaman kepada konsumen saat menggunakan perangkat elektronik.

Selain kulkas, alat rumah tangga lainnya pun juga dinilai wajib memiliki sertifikasi halal. Saat ini sudah ada beberapa yang mendapatkannya, seperti produk dari PT Maspion misalnya. Perusahaan ini telah mendapatkan sertifikat halal untuk produk penggorengan, panci, mangkok enamel dan rantang.

Hal tersebut sudah seharusnya berlaku di negara mayoritas Muslim. Di mana alat-alat tersebut akan bersentuhan langsung dengan makanan yang akan masuk dalam tubuh. Apabila di dalamnya terkandung bahan-bahan tidak halal, maka akan tercampur dan menimbulkan keraguan akan kehalalan secara menyeluruh.

Begitupula sertifikat halal juga diberikan untuk barang-barang lain seperti kapas, popok, pembalut, detergen pewangi pakaian dan tisu toilet. (*)

 

Reporter: Fathia Rahma Editor: Achi Hartoyo