Minggu, 28 November 2021
23 Rabi‘ at-akhir 1443 H
Home / Ziswaf / Kuatkan Sinergi Kelembagaan, UMJ Jalin Silaturahmi dengan Baznas
Foto dok. Istimewa
Tujuan silaturahmi itu untuk saling menguatkan sinergi strategis di antara kedua lembaga

Sharianews.com, Jakarta - Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) melakukan audiensi dan silaturrahmi ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di kantor Baznas, Jakarta, Kamis (23/09).

Rektor UMJ Ma’mun Murod mengatakan, tujuan silaturahmi itu untuk saling menguatkan sinergi strategis di antara kedua lembaga. Sehingga kedua lembaga tersebut saling memberikan penguatan kelembagaan untuk mendukung gerakan pengembangan zakat di Indonesia. Karena Indonesia sebagai negara berpenduduk mayoritas muslim, memiliki potensi pengembangan zakat yang cukup besar ke depannya.

“Ke depan, diharapkan UMJ dengan Baznas dapat terus bersinergi untuk melakukan penguatan di berbagai aspek yang bisa disinergikan. Sehingga kedua lembaga ini, bisa saling memberikan kemaslahatan kepada masyarakat,” ungkap Ma’mun.  

Secara kelembagaan, Ma’mun menyerahkan seluruh kegiatan kerjasama secara tugas dan fungsi ke Wakil Rektor (Warek) III UMJ Rini Fatma Kartika. Artinya, secara teknis terkait apa saja yang akan dikerjasamakan antara UMJ dengan Baznas, penanggung jawabnya akan berada di  Rini Fatma Kartika.

Rini Fatma Kartika menyatakan akan selalu siap mengemban amanah tersebut.  Sehingga UMJ sebagai salah satu Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang ada di Jakarta, dapat memberikan kemaslahatan untuk masyarakat.

“Insyaallah UMJ akan selalu siap bersinergi dengan Baznas dalam rangka menggelorakan pengembangan zakat di Indonesia. Karena, zakat sebagai salah satu insturmen keuangan syariah, akan memberikan penguatan signifikan terhadap kalangan masyarakat menengah ke bawah,” ungkap perempuan yang juga sekaligus doktor dalam Kajian Ekonomi Syariah.

Sedangkan menurut Sopa, Dekan Fakultas Agama Islam UMJ, sebenarnya UMJ telah lama menjalin hubungan silaturrahmi dengan Baznas. Salah satu silaturrahmi tersebut ialah, adanya pemberian Beasiswa Baznas melalui Lembaga Beasiswa Baznas terhadap lima mahasiswa Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf FAI-UMJ, yang dimulai sejak Oktober 2020.

“Kami berharap, sinergitas antara UMJ dengan Baznas akan terus terjalin. Karena, banyak hal yang bisa disinergikan dengan pihak Baznas. Apalagi, kami di Fakultas Agama Islam UMJ memiliki Program Studi yang memiliki irisan dengan Baznas, yaitu Prodi Manejmen Zakat dan Wakaf serta Prodi Perbankan Syariah,” ujar Sopa.

Dari kegiatan silaturrahmi dan audiensi tersebut, kedua belah pihak berharap, semoga banyak hal yang bisa disinergikan bersama. Sehingga, pengembangan zakat sebagai salah satu insturmen keuangan syariah, akan memberikan dampak signifikan terhadap masyarakat Indonesia.

Pada saudiensi dan silaturahmi ini, turut hadir dan menerima kunjungan dari UMJ, antara lain: Ketua Baznas Noor Achmad, Pimpinan Baznas Saidah Sakwan, Rizaludin Kurniawan, Achmad Sudrajat, Dirut Baznas M Arifin Purwakananta, Sekretaris Baznas Ahmad Zayadi Direktur Operasi/Plt Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan Wahyu TT Kuncahyo, Kepala Lembaga Program, Kabag Terkait, dan beberapa kepala terkait lainnya.

Sementara dari UMJ, turut hadir, antara lain: Rektor UMJ Ma’mun Murod, Wakil Rektor III UMJ Rini Fatma Kartika, Dekan Fakultas Agama Islam UMJ Sopa.

Rep. Aldiansyah Nurrahman

Tags: