Selasa, 21 September 2021
14 Ṣafar 1443 H
Home / Lifestyle / KPI: Program Religi di Televisi Konsisten Berkualitas
Foto dok. Pexels
Indeks kualitas program religi rentang waktu 2017-2021 secara konsisten berada pada skala tiga artinya termasuk dalam siaran berkualitas.

Sharianews.com, Jakarta - Dalam riset yang dilakukan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menyatakan bahwa indeks kualitas program religi rentang waktu 2017-2021 secara konsisten berada pada skala tiga artinya termasuk dalam siaran berkualitas.

Koordinator Litbang KPI Pusat Andi Andrianto, menjelaskan hal tersebut dinilai berdasarkan 5 dimensi yang telah ditetapkan saat proses riset dilakukan. Dari kelima dimensi yang diteliti memiliki hasil indeks rata-rata konten religi yang tayang sebesar 3.40.

“Tentu saja hal ini menjadi perhatian bagi para para jurnalistik yang berkecimpung pada penyiaran konten religi untuk terus meningkatkan kulialitas juga memberikan inovasi pada program siaran yang disuguhkan,” ujar dia, dalam Webinar Ekspos Riset Siaran Televisi Tahap 1 Tahun 2021, Kamis (09/09).

Cara tersebut, dijelaskan Andi, dilakukan untuk mengikis konten-konten yang berdasarkan hasil riset KPI memiliki angka kualitas yang rendah.

“Pengemasan program religi yang inovatif dan kreatif dapat menjadi angin segar di tengah menjamurnya program-program yang minim edukasi,” tambahnya.

Riset yang dilakukan tersebut telah berjalan selama enam tahun serta menggandeng kerjasama dengan Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) dan 12 perguruan tinggi pada 12 ibukota provinsi yang ada di Indonesia.

Rep. Aldiansyah Nurrahman

Tags: