Rabu, 27 Oktober 2021
21 Rabi‘ al-awwal 1443 H
Home / Global / Korea Miliki 300 Perusahaan Makanan Halal
Foto dok. Pexels
Saat pandemi Covid-19 belum melanda, Korea Selatan tercatat memiliki 300 perusahaan yang memproduksi makanan halal. Negara ini memiliki 200 ribu penduduk muslim yang sebagian besar adalah pekerja dan pelajar asing.

Sharianews.com, Jakarta - Saat pandemi Covid-19 belum melanda, Korea Selatan tercatat memiliki 300 perusahaan yang memproduksi makanan halal. Korea juga tercatat memiliki 200 ribu penduduk muslim yang sebagian besar adalah pekerja dan pelajar asing.

Co-Founder and Director General of the Korea Institute of Halal Industry (KIHI) James Noh mengatakan Korea memang sedang mengembangkan wisata halal untuk datangkan traveler muslim. Berbagai restoran halal yang sudah tersertifikasi tersedia untuk wisatawan.

"Kami memproduksi daging halal, snack, saus, ramen dan minuman," jelasnya menegaskan, dalam Global Tourism Forum.

Selain itu, Korea Selatan juga mempunyai 350 restoran ramah muslim yang sudah memiliki sertifikasi halal, dan dimiliki oleh muslim. Distribusi makanan halal juga bisa didapatkan di supermarket hingga pasar tradisional.

Sementara, pada tahun 2019, Korea Selatan didatangi oleh wisatawan muslim sebanyak satu juta. Setengah dari wisatawan tersebut adalah berasal dari Indonesia dan Malaysia.

Namun, saat pandemi melanda yang mengharuskan jarak sosial, banyak restoran yang tak lagi didatangi wisatawan. Masyarakat lebih memilih pemesanan via online ketimbang makan di tempat.

"Pandemi menyebabkan terlaksananya jarak sosial dan memberikan kesempatan bagi e-commerce di Korea," pungkasnya.

Rep. Aldiansyah Nurrahman