Kamis, 24 September 2020
07 Ṣafar 1442 H
Home / Keuangan / Konversi BPD Jadi Peluang Tingkatkan Market Share
Foto dok. Pexels
Perbankan syariah diprediksi akan jauh lebih baik di semester II

Sharianews.com, Jakarta - Perbankan syariah diprediksi akan jauh lebih baik di semester II ini dibanding semester I.  Ada beberepa pertimbangan yang menyebabkan hal tersebut.

Direktur Unit Usaha Syariah Bank Permata (Permata Syariah) Herwin Bustaman mengatakan dengan masih adanya beberapa bank konvensional di Aceh yang sedang mengonversi portfolionya menjadi Syariah dan juga konversi dua Bank Pembangunan Daerah (BPD), yakni BPD Riau dan BPD Nagari bisa meningkatkan pangsa pasar bank syariah.

“Semoga dapat dilakukan tahun ini (konversi). Saya sangat berharap market share perbankan syariah bisa tembus ke 6,5 persen di akhir tahun 2020 (dibanding per Juni sebesa 6,1 persen),” jelasnya kepada Sharianews.com, belum lama ini.

Ia juga menyarankan sebaiknya bank syariah fokus kepada perbaikan portofolio-portofolio yg terkena imbas dari Covid-19, sekaligus terus melakukan cicilan pencadangannya. 

Selain itu, sekarang juga waktunya untuk membangun dana murahnya melalui digital banking sebagai medium alat pembayaran dan secara selektif memberikan pembiayaan khususnya kepada top tier clients termasuk BUMN.

Sebagai informasi, Permata Syariah selama semester I ini bisa dikatakan baik. Laba Permata Syariah tumbuh 51,8 persen dibandingkan dengan periode yg sama tahun lalu.

Rep. Aldiansyah Nurrahman