Rabu, 1 April 2020
08 Sha‘ban 1441 H
Home / Keuangan / Kontribusi Fintech Syariah Bisa Tiga Kali Lipat di 2020
Kontribusi tersebut berasal dari beragam jenis fintech, di antaranya Peer to Peer (P2P) Lending dan Inovasi Keuangan Digital.

Sharianews.com, Jakarta ~ Financial Technology (Fintech) syariah diyakini akan tumbuh berkali-kali lipat tahun ini dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini terlihat dari bidikan pembiayaan yang cukup agresif.

Demikian disampaikan Ketua Umum AFSI, Ronald Yusuf Wijaya. Ia mengungkapkan sempat menghitung kontribusi seluruh fintech berbasis syariah pada 2019 mencapai hampir satu triliun rupiah. Kontribusi tersebut berasal dari beragam jenis fintech, di antaranya Peer to Peer (P2P) Lending dan Inovasi Keuangan Digital.

“Harapannya, (di 2020) bisa tumbuh dua hingga tiga kali lipat dengan infrastruktur yang lebih baik dan banyaknya para pemain (fintech),” jelas Ronald menegaskan, saat acara Press Club AFPI II, di Centennial Tower, Jakarta, Selasa (14/1).

Fintech P2P lending syariah turut mendorong pertumbuhan keuangan syariah di Indonesia. Pertumbuhan tersebut berdasarkan data dari Survei Literasi Nasional Keuangan (SNLK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 2019, di mana literasi keuangan syariah mencapai 8,93 persen dan inklusi keuangan syariah sebesar 9,1 persen.

Fintech P2P lending syariah memberikan Iayanan pembiayaan, baik untuk kebutuhan individu maupun pelaku usaha produktif yang membutuhkan dana untuk mengembangkan bisnisnya dengan prinsip syariah

Hingga saat ini jumlah fintech P2P lending syariah yang telah terdaftar sebanyak 12 fintech, yakni Kapital Boost, PT Dana Syariah Indonesia (Dana Syariah), Danakoo, Alami Sharia, PT Syarfi Teknologi Finansial (Syarfi), PT Duha Madani Syariah (Duha Syariah), Qazwa, PT Maslahat lndonesia Mandiri (Bsalam), PT Berkah Finteck Syariah, Papitupi Syariah, PT Ethis Fintek lndonesia (Ethis), dan PT Ammana Fintek Syariah (Ammanna) yang juga telah mendapatkan status berizin dari OJK. (*)

 

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo

Tags: